Dibaca 638 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
20 February 2018

Jakarta, GoHitz.com – Sebagai salah satu wilayah yang banyak dihuni masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia, Lasem memiliki sejumlah bangunan kuno nan bersejarah. Salah satunya adalah Roemah Oei yang berlokasi di  Karangturi, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, yang memiliki lima fakta menarik berikut ini.

1. Sudah berdiri sejak 1818

Roemah Oei bukan hanya bangunan bersejarah, namun juga bisa dianggap sebagai cagar budaya karena rumah ini sudah ada sejak tahun 1818 atau abad ke-19. Rumah ini dibangun oleh seorang saudagar asal Tionghoa bernama Oei Am yang datang dan berniaga di Indonesia.

2. Sekarang beralih fungsi

Kendati Roemah Oei dulunya merupakan tempat tinggal keluarga saudagar tersebut, sekarang rumah ini sudah beralih fungsi sebagai kafe, homestay dan tempat untuk menggelar kegiatan budaya di Lasem.

3. Masih mempertahankan desain rumah Tionghoa jadul

Kalau Anda pernah menonton film-film Tiongkok jadul seperti “Drunken Master” yang dibintangi Jet Li, pastinya sempat melihat rumah-rumah khas Tiongkok yang memiliki desain rumah khas Tionghoa jadul.

Nah, hal ini bisa Anda lihat langsung pada Roemah Oei yang masih mempertahankan desain rumah khas Tionghoa jadul, seperti halaman luas di bagian tengah rumah, tembok tinggi, dan gerbang masuk dari kayu jati.

4. Sejarah keluarga Oei

Selain bisa menikmati keindahan struktur bangunannya, Roemah Oei juga menyimpan perjalanan sejarah keluarga Oei dari masa ke masa. Di sini Anda bisa melihat perjalanan keluarga tersebut lewat foto-foto lama para anggota keluarga lengkap dengan busana yang dikenakan dari zaman ke zaman.

5. Kuliner andalannya kopi lelet

Berkunjung ke Roemah Oei rasanya kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner andalannya yakni kopi lelet. Kopi yang diidentikkan dengan kegiatan ngelelet atau membatik batang rokok dengan ampas kopi ini merupakan kuliner populer di Roemah Oei dan sering diminum sambil menikmati suasana rumah khas Tionghoa tempo dulu.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Diah Kusumawardhani Wijayanti

 

Baca Juga




Baca Juga

Berkaraoke Sampai Dinner Romantis di Kincir Ria Tertinggi di Indonesia
4 07 2018
3 Pesona Maribaya Lembang Yang Bikin Kepincut
16 07 2018
5 Hal Ini Harus Diperhatikan Untuk Yang Baru Pertama Kali Naik Gunung
14 07 2018
5 Obyek Wisata Ini Dipercaya Bisa Mendatangkan Jodoh, Jomblo Wajib Datang Nih!
11 07 2018