...
no tags
Anggarini Paramita
17 January 2018

Jakarta, GoHitz.com – Melakukan traveling dengan metode backpacker bukan hanya membutuhkan modal nyali berani dan sebuah ransel, namun juga harus berpikir secara smart. Nah berikut ini lima tip traveling ala backpacker smart yang dirangkum GoHitz dari majalah Backpacker.

1. Beli charger internasional

Terkadang saat handphone mulai lowbat Anda langsung mencolokkan charger ke stopkontak. Tindakan ini tidak boleh dilakukan saat Anda travel ala backpacker di negara orang karena alih-alih mau men-charger daya baterai, yang ada malah handphone rusak lantaran daya tegangan listrik tidak sesuai.

Ada baiknya sebelum berangkat terlebih dahulu membeli charger handphone model internasional atau dikenal juga sebagai all-in-one charger. Kendati ukurannya agak besar namun charger model ini bisa digunakan untuk mengisi ulang daya handphone di negara manapun.

2. Cari asuransi traveling yang tepat

Kendati traveling bisa dikategorikan sebagai liburan, bukan berarti Anda meremehkan risiko penyakit atau cedera saat traveling ala backpacker, karena begitu Sobat GoHitz mengalaminya biaya berobat di negara asing lebih mahal dan dapat menguras anggaran liburan Anda.

Agar terhindar dari masalah demikian, ada baiknya sebelum berangkat terlebih dahulu memilih dan menggunakan asuransi traveling yang tepat. Misalnya jika Anda mau backpacker di negara dingin, pilihlah asuransi dengan fitur proteksi dari risiko penyakit dan cedera di cuaca dingin. Hal penting lainnya dalam memilih asuransi traveling adalah pertimbangkan juga fitur evakuasi di wilayah terpencil , jika tiba-tiba Anda tersesat di kawasan tak dikenal.

3. Lindungi paspor Anda

Masalah penyimpanan paspor kadang suka dianggap sepele ketika traveling ala backpacker, padahal ini adalah masalah vital. Ingat menaruh paspor yang tidak terlindungi di ransel Anda dapat berpotensi membuat dokumen penting tersebut tidak sah jika basah terkena air atau sobek.

Lindungilah paspor Anda dengan menempatkannya di wadah anti-air dan sobek, sebelum memasukkannya ke dalam ransel. Satu hal lagi gunakan tali rantai pengikat di wadah paspor tersebut agar tidak mudah dicuri oknum tak bertanggung jawab.  

4. Menginap di rumah warga

Ingat tidak selamanya traveling ala backpacker harus tidur di losmen atau hotel. Anda bisa menghemat biaya akomodasi dengan tidur di rumah warga. Saat ini ada banyak warga lokal yang bersedia menyediakan tempat bermalam secara gratis kepada turis backpacker, selain menghemat uang Anda juga bisa mengenal budaya dan perilaku warga lokal di negara asing.

5. Tidur di pesawat

Ada baiknya sebagai seorang backpacker Anda perlu tidur di pesawat. Ingat tidur dalam perjalanan di pesawat sangat penting untuk mengalahkan masalah jet lag yang sering menerpa para backpacker ketika traveling di negara dengan perubahan zona waktu cukup drastis.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock
 
 

Baca Juga




Baca Juga

Berkaraoke Sampai Dinner Romantis di Kincir Ria Tertinggi di Indonesia
4 07 2018
3 Pesona Maribaya Lembang Yang Bikin Kepincut
16 07 2018
5 Hal Ini Harus Diperhatikan Untuk Yang Baru Pertama Kali Naik Gunung
14 07 2018
5 Obyek Wisata Ini Dipercaya Bisa Mendatangkan Jodoh, Jomblo Wajib Datang Nih!
11 07 2018