...
no tags
Maria Cicilia Galuh
14 July 2018

Jakarta, GoHitz.com - Ada sebuah ungkapan yang berbunyi ‘Mendakilah ke Puncak Gunung Meski Hanya Sekali Seumur Hidup’. Ungkapan tersebut rasanya ada benarnya, karena aktivitas naik gunung ini menawarkan pengalaman indah tak terlupakan yang tidak bisa Sobat GoHitz dapatkan di kegiatan lainnya. 

Namun, mendaki gunung bukanlah aktivitas mudah yang minim risiko. Perlu mental yang kuat, persiapan yang cukup serta fisik yang prima agar bisa menaklukkan gunung yang akan didaki. 

Nah Bagi Sobat GoHitz yang belum pernah merasakan nikmatnya mendaki gunung, setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan agar kegiatan mendaki gunung pertamamu bisa berjalan lancar. Apa saja lima hal yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Siapkan mental, peralatan, perbekalan dan wawasan yang cukup

Sobat GoHitz harus memiliki mental yang kuat agar siap menghadapi resiko yang mungkin akan terjadi selama perjalanan mendaki gunung. Untuk meminimalisir resiko tersebut, kamu harus memiliki persiapan dan perencanaan yang baik. Siapkan seluruh peralatan dan perbekalan yang diperlukan selama mendaki. Peralatan yang dimaksud antara lain tenda, sleeping bag, perlengkapan masak, sepatu gunung, kotak P3K, peralatan mendaki serta pakaian yang cukup. Untuk perbekalan, siapkan logistik yang cukup, seperti beras, mie instan, lauk siap saji, makanan ringan dan air minum. Kamu juga harus mengetahui medan yang akan didaki. Oleh karena itu, memahami karakteristik gunung yang akan didaki sangat penting untuk kamu lakukan. 

2. Buat susunan perencanaan selama melakukan pendakian

Menyusun rencana perjalanan selama mendaki dapat memudahkan Sobat GoHitz dalam mengatur manajemen waktu. Rencana perjalanan tersebut meliputi kapan waktu berangkat, berapa lama estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak, berapa lama waktu istirahat, apa saja yang akan dilakukan selama mendaki dan kapan perkiraan waktu untuk kembali ke rumah. Rencana perjalanan ini harus dibuat sedetail mungkin agar Kamu memiliki patokan selama melakukan kegiatan pendakian.

3. Siapkan fisik yang prima

Salah satu elemen yang paling penting selama melakukan kegiatan pendakian adalah kebugaran dan daya tahan tubuh. Maka dari itu sebelum mendaki gunung, kamu harus mempersiapkan fisik sebaik mungkin. Caranya dengan rutin berolahraga. Misalnya lari, menyusuri jalan menanjak dan latihan beban. Latihan beban diperlukan karena selama mendaki kamu akan membawa beban tas yang cukup berat. Bagi perempuan yang sedang datang bulan, sebaiknya tidak memaksakan untuk ikut mendaki gunung karena rentan terhadap menurunnya daya tahan tubuh.

4. Ikuti prosedur selama mendaki

Sebagai pemula Sobat GoHitz sebaiknya mengikuti prosedur pendakian aman yang sudah ditentukan. Selama mendaki usahakan tidak berada dalam jarak yang terlalu jauh dengan rombongan. Kamu juga jangan coba-coba membuat jalur pendakian sendiri karena sangat berbahaya. Jika merasa kelelahan atau sakit, Kamu harus memberitahukan kepada rombongan yang lain. Banyak kasus pendaki yang meninggal  kelelahan atau sakit karena tidak memberitahukan kondisinya kepada temannya yang lain.

5. Jangan merusak alam

Satu hal penting yang wajib ditanamkan kepada setiap pendaki pemula adalah menjaga kelestarian alam. Salah satu caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu kamu juga dilarang mencoret-coret batu ataupun pohon yang terdapat di gunung. Tindakan merusak ekosistem, seperti memetik bunga dan menebang pohon juga sebaiknya jangan dilakukan.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Anak Zaman Now Suka Pesiar Dengan Rute Pendek
8 08 2018
5 Destinasi Cantik Di Belanda Yang Masuk Filmnya "Si Doel"
3 08 2018
5 Pemandian Air Panas Di Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi
2 08 2018
Mau Liburan Ke Pantai? Siapkan 5 Hal Ini
30 07 2018