Dibaca 696 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
6 March 2018

Jakarta, GoHitz.com - Sobat GoHitz yang aktif menggunakan mikroblog Tumblr harus gigit jari nih sekarang. Sebab, sejak Senin (5/3) kemarin, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi telah memblokir layanan situs tersebut. Alasannya, Tumblr diketahui  memiliki banyak konten negatif.

"Tim Aduan Konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform T*mb*r.  Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos t*mb*r dot com dan aplikasinya," bunyi pernyataan dari Kemkominfo melalui akun Twitter resmi mereka @kemkominfo, pada Selasa (6/3).

Dalam pernyataan Kemkominfo itu, disebutkan bahwa pihak dari Tumblr tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila. Karena hal tersebut, kemudian pada 28 Februari 2018, Tim Aduan Konten Kominfo mengirimkan notifikasi melalui email kepada Tumblr.

Dalam notifikasi tersebut, Tim Aduan Konten meminta Tumblr untuk membersihkan platform-nya dari konten-konten asusila. Batas waktu yang diberikan untuk menangani hal tersebut selama 2 x 24 jam.

"Sampai lewat batas waktu yang diberikan tersebut, tidak ada respon dari T*mb*r, sehingga dilakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS T*mb*r pada hari Senin 5 Maret 2018 sore," pungkas pernyataan dari Kemkominfo.

Sebenarnya pada tahun 2016 lalu Pemerintah sudah pernah memblokir Tumblr terkait hal yang sama. Namun kala itu, pemblokiran berlangsung tidak lama karena pihak Tumblr segara merespon dan memberantas konten-konten asusila tersebut. 

Semoga kali ini pun pihak Tumblr segera menuruti permintaan Pemerintah agar situs Tumblr bisa diakses kembali.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Instagram Sekarang Ada Fitur Fokusnya!
11 04 2018
Inilah Keunggulan Velop nan Dekoratif
5 04 2018
5 Fakta Nostalgia Teknologi Video Kaset
5 04 2018
Mau Dapat Rp1 Miliar? Ikut Saja KASKUS Battleground: Mobile Games Festival!
3 04 2018