Dibaca 509 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
31 January 2018

Jakarta, GoHitz.com – Bulan merupakan karya Tuhan yang maha indah karena satelit Bumi itu sinarnya bukan hanya menyinari seluruh permukaan Bumi ketika malam hari, namun juga menimbulkan sejumlah fenomena indah yang selalu menjadi buruan para fotografer dan pecinta astronomi di seluruh dunia. berikut lima fenomena Bulan paling indah yang pernah terjadi di Bumi.

1. Super Moon

Foto: maroc01.blogspot

Supermoon atau dikenal juga sebagai bulan super merupakan salah satu fenomena Bulan yang terjadi, dimana ukuran Bulan terlihat lebih besar dan sangat terang dibanding biasanya. Fenomena ini terjadi ketika posisi Bulan lebih dekat dengan Bumi.

2. Blue Moon

Foto: storm

Fenomena alam Bulan lainnya yang cantik dan pernah terjadi di Bumi adalah blue moon alias Bulan biru. Sebetulnya, fenomena ini bukan diartikan sebagai Bulan bersinar biru, namun karena Bulan mengalami fase purnama untuk kedua kalinya di bulan yang sama. Bulan dalam fase fenomena bisa bersinar biru jika asap letusan gunung berapi atau kebakaran hutan sedang menyelimuti atmosfir Bumi.

3. Blood Moon

Foto: Twitter

Fenomena Bulan lainnya yang sangat indah untuk disaksikan adalah fenomena Blood Moon atau Bulan Darah.  Fenomena ini bisa terjadi karena Bulan mengalami gerhana total atau akibat posisi bulan di garis horizon atau cakrawala langit sangat rendah sehingga sinar terang Bulan dari pantulan sinar Matahari menjadi redup serta menyebabkan warna Bulan menjadi merah.

4. Bulan Werewolf

Foto: tumblr

Werewolf Moon atau Bulan Werewolf ternyata bukan isapan jempol namun tidak juga dikaitkan dengan kemunculan serigala jadi-jadian. Fenomena Werewolf Moon merupakan fenomena dimana Bulan berada di titik orbit terdekat dengan Bumi dan sinarnya terlihat berwarna kuning. Bulan Werewolf ini terlihat saat Bulan mengalami fenomena Super Moon pada  pekan awal Januari 2018 kemarin.

5. Black Moon

Foto: pinterest

Fenomena alam Bulan lainnya yang tak kalah indahnya adalah fenomena Black Moon atau Bulan Hitam. Fenomena ini bisa terjadi akibat gerhana Bulan atau saat Bulan mengalami fase Bulan baru dimana Bulan betul-betul menghilang atau berwarna hitam di langit.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Pelbagai sumber

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Game Jurassic Park Populer dan Seru
9 06 2018
Doyan Bikin Vlog? Ponsel Asal Jepang Ini Bisa Jadi Pilihan!
5 06 2018
Alasan Ini Bikin Kamu Pengin Banget Punya Kamera Instax Square SQ6
4 06 2018
Manjakan Pecinta Game Tanah Air, BIGO Luncurkan Cube TV
21 05 2018