Dibaca 894 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
30 January 2018

Jakarta, GoHitz.com – Bulan, satelit Bumi yang selalu Anda lihat setiap malam memang menyimpan banyak fenomena memukau. Salah satunya adalah fenomena langka super blue blood moon atau dikenal juga bulan besar biru menjadi darah yang akan muncul pada Rabu malam 31 Januari 2018 besok. Nah buat Sobat GoHitz yang penasaran dengan fenomena langka ini simak lima fakta menariknya berikut ini.

1. Gabungan tiga fenomena

Fenomena super blue blood moon yang bakal Anda saksikan Rabu besok merupakan gabungan tiga fenomena bulan yang terjadi serentak, yakni supermoon, blue moon dan red moon yang akan terjadi dalam waktu bersamaan.

2. Terbentuk karena gerhana bulan total

Fenomena super blue blood moon yang akan terjadi besok malam terbentuk akibat fenomena gerhana bulan total dimana bulan besar alias super moon yang awalnya berwarna biru perlahan-lahan akan berubah menjadi merah darah akibat gerhana tersebut. Dengan demikian Anda juga bisa menyaksikan fenomena gerhana bulan.

3. Bersinar terang akibat musim dingin atau hujan

Fenomena super blue blood moon juga akan membuat jutaan mata manusia yang menyaksikannya terpukau karena saat itu sinar bulan bakal lebih terang dibanding biasanya, kendati mengalami gerhana. Sinar bulan yang lebih terang ini dipengaruhi oleh musim dingin atau musim hujan yang sedang terjadi di awal tahun 2018.

4. Sudah bisa dilihat setelah sunset

Fakta unik lainnya dari super blue blood moon adalah fenomena ini sudah bisa Anda saksikan selepas sunset atau petang hari. Waktu ini menjadi momen terbaik untuk menikmati keindahan super blue moon karena bulan saat itu dalam posisi rendah di garis cakrawala sebelum  mengalami gerhana bulan yang akan mengubah warnanya menjadi merah darah.

5. Terjadi 150 tahun lalu dan berlangsung empat setengah jam

Fenomena super blue blood moon yang sangat langka ini pernah terjadi sekitar  150 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1866. Bagi masyarakat Indonesia, Anda bisa menyaksikan fenomena memukau nan langka ini di seluruh wilayah Tanah Air yang akan berlangsung selama empat jam setengah mulai dari sekitar pukul 18:00 WIB hingga 22:30 WIB. Jangan lupa bawa kamera atau smartphone terbaik, agar Sobat GoHitz bisa mengabadikan fenomena super langka ini.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Game Puzzle Yang Terinspirasi Dari Tetris
28 07 2018
Layanan Sewa Pocket Wifi Ini Bikin Tur Dunia Pandji Makin Seru
25 07 2018
Pintaria, Cara Fleksibel Kuliah di Era Digital
24 07 2018
Grammar Pro, Fitur Baru Untuk Belajar Tata Bahasa Inggris
23 07 2018