...
no tags
Maria Cicilia Galuh
19 November 2017

Jakarta, GoHitz.com - Sobat GoHitz pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi pesan instan, seperti WhatsApp, Line, dan BBM. Bisa dibilang kebanyakan orang saat ini lebih memilih menggunakan aplikasi pesan instan daripada SMS. Namun, jauh sebelum ketiga aplikasi itu, ternyata sudah ada aplikasi pesan instan yang menjadi primadona pada masanya. Berikut GoHitz berikan rangkumannya.

1. AOL



Bisa dibilang AOL menjadi salah satu pionir dari layanan pesan instan. Layanan pesan instan dari America Online ini, sudah ada sejak tahun 1997 silam ketika akses internet belum semudah sekarang. Namun akhirnya aplikasi ini harus tutup usia di tahun 2017 karena kalah bersaing dengan WhatsApp.

2. eBuddy



Sobat GoHitz masih ingat dengan aplikasi eBuddy? Aplikasi ini pernah eksis pada tahun 2000an. eBuddy punya beragam fitur unggulan, seperti eBuddy Chat. Sobat GoHitz bisa kita dapat mengintegrasikan beberapa akun lain yang sering digunakan seperti MSN (Microsoft Network), YM, LiveMessenger, hingga Google Talk dalam satu tempat.

3. mIRC



Nah kalau aplikasi yang satu ini pasti sudah sangat familiar. Apalagi bagi Sobat GoHitz yang sering main ke warnet. Ternyata mIRC pertama kali dikembangkan pada tahun 1995. Jadi bisa dibilang aplikasi ini moyangnya aplikasi pesan instan. Aplikasi ini dijadikan ajang untuk mencari kenalan baru. Satu hal yang pasti diingat dari pengguna mIRC adalah penggunaan kata ASL PLS untuk mengawali percakapan.

4. mig33



Aplikasi mig33 ini memungkinkan Sobat GoHitz mencari kenalan baru. Aplikasi ini jadi andalan para pengguna hp berbasis Symbian dan Java. Serunya, di aplikasi mig33 adalah bisa memilih chatroom yang ingin dituju. Sempat berganti nama menjadi Migme, namun aplikasi ini sudah jarang digunakan.

5. Yahoo Messenger



Nama Yahoo pernah berjaya sebelum Google merajai internet seperti sekarang. Salah satu layanan yang pernah dimiliki oleh Yahoo adalah aplikasi pesan instan bernama Yahoo Messenger. Bisa dibilang Yahoo Messenger menjadi layanan pesan instan yang paling banyak digunakan pada tahun 2000an. Sobat GoHitz bisa berinteraksi dengan siapa saja selama email orang tersebut sudah ada di daftar kontak Yahoo kita. Fitur yang tak kalah keren lain adalah panggilan suara dan webcam, yang nampaknya menjadi pelopor fitur serupa yang lazim ditemui pada platform chatting masa kini.

 

Teks : Yogi Rachman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Pelbagai Sumber

 

Baca Juga




Baca Juga

17 Live Indonesai, Aplikasi Live Streaming Paling Halal
14 12 2017
Gambreng Games, Studio Game Lokal Yang Sukses Di Kancah Internasional
11 12 2017
Kemeninfo Imbau Agar Pembuat Startup Segera Registrasi PSE
11 12 2017
Mau Jadi Developer Aplikasi Yang Sukses? Simak Tip Berikut Ini!
9 12 2017