...
no tags
Maria Cicilia Galuh
19 September 2017

Jakarta, GoHitz.com - Di zaman sekarang ini, siapa sih yang enggak mengenal drone? Pesawat tanpa awak yang dikendalikan menggunakan remote control ini, mulai menarik perhatian masyarakat. Meskipun harganya relatif tidak murah, namun banyak orang rela membelinya karena ingin merasakan keseruan mengendalikan alat canggih yang satu ini. 

Tapi ternyata mengendalikan drone tidak semudah kelihatannya. Apalagi bila Sobat GoHitz ingin menerbangkan drone dengan jarak yang cukup jauh. Perlu persiapan dan pengalaman yang cukup agar drone bisa mengudara dengan aman dan lancar. 

Humas Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), Muhammad Akbar memberikan beberapa tips bagi pilot drone pemula bagaimana cara mengendalikan drone yang diterbangkan dari jarak jauh. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan area yang akan digunakan sebagai lokasi untuk menerbangkan drone aman. 

"Jadi kalau mau menerbangkan drone jarak jauh itu, enggak boleh asal nerbangin. Yang pertama usahakan areanya itu minim penduduk. Kita kan tentu tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu pastikan juga area tersebut tidak ada tower agar sinyal tidak terganggu," ujar Akbar dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh blibli.com di Pisa Kafe, Menteng, Jakarta, Selasa (19/9). 

Akbar mengatakan hal berikutnya yang juga harus diperhatikan adalah kesiapan dari drone itu sendiri. Pastikan baterai dan motor pada drone berfungsi dengan baik. Jangan sampai pada saat diterbangkan, drone dalam keadaan baterai yang hampir habis. Hal ini tentu dapat berakibat fatal. 

"Satu baterai itu bisa terbang hingga 20 menit. Jadi, pilot juga harus pandai mengira-ngira lamanya drone saat diterbangkan," tandas Akbar. 

Teks : Fathur Rochman
Foto : Shutterstock
Editor : Maria Cicilia Galuh

 


Baca Juga

Whatsapp Luncurkan Fitur Live Location, Begini Cara Menggunakannya
20 10 2017
Kemenkominfo: Registrasi Kartu SIM Seluler Tidak Perlu Nama Ibu Kandung
19 10 2017
Pakai Software Palsu Itu Bikin Rugi!
10 10 2017
Sony Akan Tetap Jual 18 Juta PS4 hingga Akhir 2017
6 10 2017
Hore, Ada Aplikasi Karaoke Keren Karya Anak Bangsa!
5 10 2017