...
no tags
Maria Cicilia Galuh
17 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Sosok Pramudya Ananta Toer memang telah lama tiada. Namun karyanya masih membekas hingga sekarang dan menjadi inspirasi banyak orang.

Berbekal semangat mengenalkan sosok Pram kepada masyarakat luas terutama generasi muda, Titimangsa Foundation bekerja sama dengan Dia.Lo.Gue mengadakan pameran bertajuk "Namaku Pram : Catatan dan Arsip".

Pameran ini menampilkan barang-barang keseharian Pramoedya Ananta Toer dan kegiatannya yang suka sekali mencatat dan mengarsipkan segala sesuatu. Happy Salma selaku pendiri Titimangsa Foundation mengungkapkan awal mula ide pembuatan pameran catatan dan arsip Pramoedya Ananta Toer.

"Saat saya mengerjakan 'Bunga Penutup Abad' dua tahun lalu, saya memiliki nazar, apabila pementasan ini sukses, saya ingin membuat pameran yang berfokus pada sosok Pram," ucap Happy saat berbincang dalam acara pembukaan pameran "Namaku Pram : Catatan dan Arsip" di GIK, Jakarta, Selasa (17/4).

Pameran ini juga dikemas sangat menarik dengan berbagai kegiatan. Salah satunya seperti Artist Talk : Di Balik Panggung Pentas Bunga Penutup Abad yang menghadirkan kembali para pemain yang terlibat, seperti Reza Rahadian, Chelsea Islan, dan Happy Salma. Keluarga besar dari Pramoedya Ananta Toer pun turut mendukung penuh atas terselenggaranya acara ini.

"Selama ini banyak arsip-arsip Pram masih banyak dan tidak dipublikasikan. Jadi masih banyak sekali. Sayang jika orang tidak mengenal," ujar Astuti yang merupakan anak dari Pramoedya Ananta Toer.

Pameran "Namaku Pram : Catatan dan Arsip" digelar pada tanggal 17 April - 20 Mei 2018 di Dia.Lo.Gue Artspace Kemang. Penikmat seni juga bisa meliha mini pamerannya yang berada di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia pada tanggal 17 April - 2 Mei 2018.

 

Teks & Foto : Yogi Rachman
Editor : Maria Cicilia Galuh
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Uniek Sampan Hismanto dan Dedikasinya Untuk Seni Tari Tradisional Indonesia
20 05 2018
Kisah Legenda Rakyat Sumba Inya Nyale Siap Dipentaskan Lewat Sendratari
20 05 2018
Sambut Hari Kartini, Tiga Visual Artis Jadikan Furniture sebagai Kanvas Kreatif
16 04 2018
Isao Takahata, Salah Satu Pendiri Studio Ghibli Meninggal Dunia
6 04 2018