...
no tags
Maria Cicilia Galuh
6 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Dunia anime dirundung duka mendalam. Sutradara anime legendaris dan salah satu pendiri Studio Ghibli yakni Isao Takahata wafat dalam usia 82 tahun. Takahata meninggal di sebuah rumah sakit di Tokyo.

Menurut kabar yang dilansir NTV News 24, Takahata meninggal pada 5 April di Tokyo, Jepang setelah kondisi kesehatan sutradara legendaris tersebut dikabarkan menurun sejak musim panas tahun lalu.

Sebelum bersama-sama mendirikan Studio Ghibli bersama Hayao Miyazaki, Takahata pernah bekerja untuk Toei Douga – sekarang bernama Toei Animation – pasca almarhum lulus kuliah.

Takahata juga pernah menyutradarai sejumlah film klasik seperti “Anne of Green Gables” dan “Little Norse Prince Valiant”.

Di Studio Ghibli, Takahata membuat sejumlah anime yang menuai banyak pujian seperti drama berlatar Perang Dunia II “Grave of the Fireflies”, kemudian sejumlah anime keren lainnya yakni “Only Yesterday”, “My Neighbors the Yamadas”, serta “Pom Poko”.

Film terakhir yang dibuat oleh Takahata adalah “The Tale of the Princess Kaguya” yang menerima nominasi untuk kategori Best Animated Feature dalam perhelatan Academy Awards ke-87.

 

Teks : Suharsana Aji
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Animemagazine.net

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Fakta Membanggakan Tari Poco-Poco Massal Indonesia
6 08 2018
Art Jakarta 2018, Pameran Seni Yang Wajib Dikunjungi Anak Kekinian
3 08 2018
"Batang Aie" Dari Altajaru Gambarkan Dinamika Sungai
30 07 2018
'Potret Diri Sebagai Kaum Munafik', Persembahan Tisna Sanjaya di Usia 60 Tahun
21 07 2018