...
no tags
Maria Cicilia Galuh
5 November 2017

Jakarta, GoHitz.com - Pameran Seni Rupa bertajuk Jakarta Biennale 2017 telah resmi dibuka. Pada penyelenggaraan tahun ini, Jakarta Binennale mengangkat tema bertajuk "JIWA". 

Pameran Jakarta Biennale tahun ini0 berlokasi di tiga lokasi berbeda, yaitu di Gudang Sarinah ekosistem Pancoran, Jakarta Selatan, Museum Sejarah Jakarta dan Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta Barat. Acara ini sendiri akan berlangsung selama satu bulan lebih, yakni mulai tanggal 4 November 2017 hingga 10 Desember 2017. 

"Penyelenggaraan JIWA: Jakarta Biennale 2017 ini merupakan sebuah usaha untuk terus memperkaya dan memperluas pengalaman artistik dan daya kritis publik dalam mendekati berbagai realitas kontemporer dengan cara yang lebih sublim dan kontemplatif," ujar Direktur Eksekutif Yayasan Jakarta, Ade Darmawan, Sabtu (4/11). 

Tema JIWA sendiri merupakan gagasan dari seniman performans Melati Suryodarmo. Melati kemudian bekerjasama dengan empat kurator yaitu Annisa Gultom (Jakarta), Hendro Wiyanto (Jakarta), Philippe Pirotte (Frankfurt) dan Vit Havránek (Praha) untuk menerjemahkan tema tersebut dan memilih sebanyak 51 seniman yang karya-karyanya ditampilkan. 

Melati yang juga menjabat sebagai Direktur Artistik melihat sebuah biennale sebagai perhelatan lokal sekaligus internasional yang berfungsi sebagai jendela. Di balik jendela tersebut, kata dia, terbentang berbagai persoalan lokal sebuah kota yang menyelenggarakannya. 

"Kelokalan ini menjadi salah satu persoalan penting bagi masyarakat seni Indonesia di tengah berbagai pertanyaan tentang pencarian yang seakan tak ada habisnya tentang keaslian seni Indonesia, yang sebenarnya menjadi kondisi periksa bagi perhelatan JIWA: Jakarta Biennale 2017 kali ini," ucap Melati.

Selain pameran karya seni visual, Jakarta Biennale 2017 juga diisi dengan serangkaian kegiatan menarik lainnya, seperti seri permormans yang menampilkan seniman dari berbagai negara serta kegiatan bincang-bincang dan diskusi bersama beberapa seniman. 

Tak hanya itu, dalam pameran Jakarta Biennale 2017 ini, juga diadakan acara penerbitan buku. Yayasan Jakarta Biennale 2017 menerbitkan tiga buah buku karya jurnalis Tempo, Bambang Budjono, seniman Siti Adiyati dan Semsar Siahaan. Untuk informasi lebih lanjut, Sobat GoHitz bisa langsung mengunjungi situs resmi penyelenggaraan Jakarta Biennale 2017 di http://jakartabiennale.net. 

 

Teks & Foto

: Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Grup Angklung IIP BUMN Tampil Memukau Di Angklung Day 2017
19 11 2017
Prisia Nasution Belajar Teater Dari Sang Suami
16 11 2017
Asyik.. Indonesia Menari 2017 Sekarang Hadir Di Tiga Kota!
6 11 2017
Kerajinan Batu Alam yang Mempesona di Telkom Craft Indonesia
18 10 2017