no tags
Aji Cakti
18 October 2017

Jakarta, GoHitz.com – Beragam produk kerajinan tradisional Nusantara kembali dipamerkan melalui event Telkom Craft Indonesia yang digelar di Auditorium Adhiyana. Salah satu produk yang menarik perhatian dalam event adalah produk batu alam dan souvenir dari UKM Aryza Collection.

“Usaha ini sudah dimulai kira-kira sejak tahun 2007, dua tahun kemudian pada 2009 kami mulai mendapatkan izin usaha,” ujar pemilik Aryza Collection Anggorokasih dalam wawancara dengan GoHitz di Auditorium Adhiyana, Jakarta.

Bisnis batu alam, mutiara, dan sejumlah souvenir yang dijalani UKM ini bukan hanya dipasarkan di wilayah-wilayah Indonesia namun juga diekspor ke negara besar seperti ke Kota Kansas City di Amerika Serikat.

“Itu merupakan fasilitas pelatihan ekspor dari Kementerian Perdagangan. Jadi dipilih UKM-UKM yang memiliki potensi ekspor lalu diikutkan pelatihan berseri kemudian dipertemukan dengan pembeli hingga kita betul-betul bisa mengekspor produk,” tutur Anggorkasih dalam wawancara yang berlangsung santai.

Bukan hanya menghasilkan dan mengekspor beragam produk-produk kerajinan batu alam dan souvenir cantik. Pemilik Aryza Collection ini juga memberdayakan dan melibatkan sejumlah ibu-ibu PKK dalam produksi kerajinannya.

“Awalnya saya merupakan kepala sekolah Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD, tujuannya memberikan pelatihan kepada para orang tua murid untuk dilakukan di rumah bersama anak-anaknya. Namun kemudian terpikir bagaimana agar prakarya-prakarya ini memiliki nilai jual, jadi awalya ibu-ibu ini membuat kerajinan perca,” kata Anggorokasih.

Beliau juga menambahkan, ibu-ibu PKK ini dilibatkan dalam pembuatan  produk yang bersifat souvenir seperti produk-produk berbahan perca, batu-batu hias seperti mutiara sintetis dan kristal kaca.

Teks & Foto : Suharsana Aji
Editor : Paramita
     

    

Baca Juga




Baca Juga

Grup Angklung IIP BUMN Tampil Memukau Di Angklung Day 2017
19 11 2017
Prisia Nasution Belajar Teater Dari Sang Suami
16 11 2017
Asyik.. Indonesia Menari 2017 Sekarang Hadir Di Tiga Kota!
6 11 2017
Angkat Tema JIWA, Jakarta Biennale 2017 Resmi Digelar
5 11 2017