no tags
Fathur Rochman
4 September 2017

Jakarta, GoHitz.com - Sebuah pameran foto menarik yang menampilkan keindahan tiga pegunungan tinggi dunia, yakni pegunungan Atlas, Pegunungan Kaukasus, dan Pegunungan Himalaya digelar di Galeri Cemara 6, Jakarta pada 2-4 September 2017.

Pameran bertajuk "Strannik" tersebut merupakan karya tiga mahasiswa Indonesia yang sedang dan telah menempuh pendidikan di Rusia, Dhafin Shafwan (22), Martin Crisna (21) dan Christophorus Hartawan (20).

Ketiga mahasiswa tersebut sama-sama memiliki hobi fotografi dan traveling menjelajah tempat-tempat baru. Hingga pada suatu ketika ketiganya memiliki ide untuk melakukan perjalanan ke tiga pegunungan tinggi yang ada di tiga benua yang berbeda, yaitu Asia (Pegunungan Himalaya), Eropa (Pegunungan Kaukasus), dan Afrika (Pegunungan Atlas).

"Benang merah adventure kita itu sama-sama senang mencari tempat-tempat yang enggak biasa, less tourist. Tempat-tempat yang enggak banyak dikunjungi. Terus kita cari-cari tempat yang ekstrem, suhu ekstrem, zona konflik. Nah itu yang jadi tantangan buat kami, itu yang jadi rasa penasaran kami terpacu," ucap Dhafin dalam acara pembukaan pameran tersebut pada Sabtu (2/9).

Dalam petualangan yang dilakukan  sejak Januari hingga Agustus 2017 tersebut, ketiganya terus mengabadikan momen-momen indah dan berkesan lewat lensa kamera mereka masing-masing.

Foto-foto yang dipotret banyak menceritakan tentang keindahan alam, kearifan lokal penduduk setempat, dan juga peninggalan-peninggalan sejarah yang terdapat di tiap-tiap pegunungan yang mereka telusuri.

Hingga pada akhirnya setelah petualangan mereka usai, tiga orang sahabat itu kemudian memutuskan untuk memamerkan foto-foto tersebut dalam sebuah eksibisi foto di Jakarta. Total, ada 156 foto yang dipamerkan dalam eksibisi tersebut.

"Dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan pameran 'Strannik' ini," ujar Martin.

Dhafin, Martin, dan Christo memiliki alasan tersendiri mengapa menggunakan kata "Strannik" untuk judul pameran mereka. Strannik merupakan istilah yang berasal dari Rusia, yang artinya a religius pilgrimage from Rusia. "Strannik" dianggap sebagai kata yang tepat untuk judul pameran ketiga mahasiswa tersebut.

Berikut GoHitz telah mendokumentasikan acara pembukaan pameran dan beberapa foto yang menggambarkan suasana saat pameran berlangsung. Selamat menikmati. 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Chairul Rohman

 


Baca Juga

Keren! Anak-anak Rusun Ajarkan Arti Persahabatan Lewat Operet
22 09 2017
Gardu House, Rumah Para Seniman Jalanan
23 09 2017
Menyelami Kisah Hidup Benyamin Sueb Lewat Babe, Muka Kampung Rejeki Kota
15 09 2017
Pameran Seni Korea-Indonesia Usung Tema Nomadic Traveler
11 09 2017
Lestarikan Lurik, Edward Hutabarat Gelar Pameran Tangan-Tangan Renta
24 08 2017