...
no tags
Anggarini Paramita
10 February 2018

Jakarta, GoHitz.com - Bagi Sobat GoHitz, membersihkan rumah bukanlah masalah yang besar. Tetapi untuk menjaga agar rumah tetap bersih,  itu menjadi tantangan tersendiri. Debu yang sudah dibersihkan kemarin, hari ini kembali menumpuk. Seakan-akan kegiatan membersihkan rumah tidak ada habisnya. Debu yang berasal dari serbuk sari, kotoran, rambut, serat kain, abu kayu, bahan kimia, dan sel kulit mati manusia ini seolah hadir terus menerus tiada henti. 

Meskipun debu tidak membahayakan untuk benda-benda, namun partikel kecil ini sama sekali tidak sehat bagi orang-orang yang tinggal di rumah tersebut. Sobat GoHitz tentu menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, perlu cara berbeda yang harus dilakukan untuk menyingkirkan debu dari dalam rumah. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa tip pintar yang bisa kalian lakukan untuk membebaskan rumah dari debu. 

1. Hindari penggunaan karpet

Karpet adalah gudang utama partikel debu. Bahkan jika kalian membersihkannya setiap hari pun, mungkin perlu menggunakan air dan deterjen untuk mengangkat kotorannya secara menyeluruh. Dan kita semua tahu betapa sulitnya melakukan hal tersebut. Selain itu, karpet dikenal sebagai akar penyebab partikel debu menumpuk. Menghindari penggunaan karpet menjadi pilihan yang tepat. Bila Sobat GoHitz masih ingin menggunakan karpet, kalian bisa menggunakan karpet vinil yang tidak kalah bagusnya dan terbebas dari debu. 

2. Jaga agar jendela tetap tertutup

Jika Sobat GoHitz tinggal di rumah yang menghadap ke jalan, sangat penting bagi kamu untuk menjaga agar jendela rumah tetap tertutup, terutama pada jam-jam sibuk lalu lintas. Debu yang berada di luar rumah sangat berbahaya, karena mengandung gas dan polutan. Sebagai gantinya, kamu bisa membukanya pada saat pagi atau malam hari untuk mendapatkan udara segar di dalam rumah.

3. Bersihkan Filter AC secara rutin

Hal ini sama pentingnya dengan menjaga agar jendela rumah tetap tertutup. Meski udara yang berasal dari AC disaring, mereka tidak bekerja dengan baik jika ada penumpukan debu yang besar di saringan. Oleh karena itu, membersihkan saringan AC secara teratur akan memastikan kualitas udara yang baik untuk keluarga.

4. Rutin menyapu dan mengepel

Menyapu dan mengepel memang merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan. Tapi, sebelumnya bersihkan dahulu debu yang menempel pada bantal, tirai, karpet dan barang-barang lainnya sebelum menyapu seluruh area rumah. Hal itu untuk memastikan bahwa rumah akan terbebas dari debu sepenuhnya. 

5. Singkirkan barang tidak terpakai yang ada di dalam rumah

Bila Sobat GoHitz memiliki ruang penyimpanan di atas atau loteng dan sulit untuk menyingkirkan barang yang tidak terpakai, sekarang saatnya untuk berpikir logis. Adalah bijaksana untuk menyingkirkan sampah yang tergeletak di sekitar rumah atau loteng, yang bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan debu. Menyingkirkan benda tidak terpakai tersebut akan memastikan kalian memiliki lebih sedikit barang atau area untuk dibersihkan. 

6. Letakkan alas kaki di luar rumah

Alas kaki merupakan pembawa utama kotoran dan debu dari luar. Usahakan untuk membatasi penggunaannya hanya di luar rumah dengan membuat rak terpisah yang diletakkan di luar rumah. 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Gandeng BEKRAF, AYDA Dorong Potensi Industri Kreatif Arsitektur dan Desain Interior
19 01 2018
Gaya Rumah Dengan Tampilan Serba Clean Ini Bisa Jadi Inspirasi Lho!
19 01 2018
5 Tren Dekorasi Interior Rumah Ini Bakal Hitz pada 2018
3 01 2018
Selain Aman, Furniture Ini Desainnya Kekinian Lho!
19 12 2017