...
no tags
Anggarini Paramita
19 January 2018

Jakarta, GoHitz.com – Di tengah perkembangan teknologi dan digital, sektor kreatif merupakan sektor yang bergerak sangat dinamis dan cepat berubah. Layaknya industri fesyen, industri arsitektur dan desain interior juga menjadi industri yang dituntut untuk dapat bergerak cepat mengisi segala perubahan yang terjadi di masyarakat dan lingkungan. Industri ini menuntut adanya karya penciptaan dan inovasi, serta berkembang seiring dengan tren dan perubahan.

Hal ini mendorong PT Nippon Paint Indonesia untuk kembali menyelenggarakan kompetisi arsitektur dan desain interior terbesar di Asia bertajuk Asia Young Designer Award (AYDA) 2017. “Kompetisi ini dimulai sejak April 2017 hingga 4 September 2017, dan acara Grand Final AYDA 2017 diselenggarakan 19 Januari 2018 di Jakarta. Kompetisi yang juga didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia ini, akan mempertemukan 6 finalis di acara Grand Final,” ujar Jon Tan, CEO Decorative Paints PT Nippon Paint Indonesia, di Jakarta.

AYDA 2017, sambung Jon Tan, mengambil tema “You For Tomorrow” untuk mampu melihat kebutuhan masyarakat dan menciptakan desain visioner, yang dapat memberikan manfaat dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. “Setiap tahun, kami selalu memberikan warna baru pada kompetisi ini melalui tema yang berbeda, jangkauan partisipan yang lebih luas, dan patner yang lebih banyak untuk dilibatkan,” lanjutnya.

Diikuti lebih dari 500 mahasiswa jurusan arsitektur dan desain interior dari 18 Universitas di Indonesia, AYDA 2017 merupakan kali kelima kompetisi ini digelar di Indonesia. “Harapan kami, kompetisi ini dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang lebih luas lagi kepada para mahasiswa yang merupakan calon pelaku industri arsitektur dan desain interior di Indonesia, sehingga mereka dapat bergerak maju dalam meningkatkan geliat industri ini di masa depan,” imbuh Jon Tan.

Ia menjelaskan, AYDA 2017 menjadi tahun pertama kerjasama antara PT Nippon Paint Indonesia dengan BEKRAF. “Sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang berperan dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, BEKRAF tentunya dapat memberikan bimbingan dan energi positif tersendiri pada industri arsitektur dan desain interior, khususnya bagi para mahasiswa Indonesia yang berkarya pada kompetisi ini,” papar Jon Tan.

Melalui kompetisi AYDA, PT Nippon Paint berharap dapat menjadi bagian dari peta perjalanan BEKRAF dalam mengembangkan potensi industri arsitektur dan desain interior di Indonesia. “Harapan besar kami, AYDA dapat menjadi medium bagi para peserta untuk berani mendobrak dan berkomitmen mengembangkan dan memperlihatkan ide-ide kreatif mereka, sehingga kelak dapat membantu mengembangkan keahlian dan karir mereka, serta dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan daya kompetisi Indonesia pada sektor kreatif ini,”pungkas Jon Tan.

Foto : Istimewa
     
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Tip Aman Pilih Pembantu Infal
8 06 2018
5 Tip Efektif dan Aman Pasang Teralis Rumah
5 06 2018
Mendekorasi Rumah Jadi Hobi Baru Astrid
21 04 2018
5 Alasan Orang Lebih Milih Tinggal Di Apartemen
19 04 2018