Dibaca 1071 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
18 September 2017

Jakarta, GoHitz.com - Tikus dikenal sebagai hewan pengerat yang memiliki habitat di tempat lembap. Tikus juga dianggap sebagai hewan yang kotor dan jorok. Oleh sebab itu, keberadaanya sangat tidak diharapkan. Apalagi jika tikus-tikus tersebut sudah bersarang di rumah. Tentu hal ini sangat mengganggu sekli ya, Sobat GoHitz. Jika rumah Sobat GoHitz sudah terlanjur dijadikan sarang oleh tikus, jangan khawatir. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah.

Amonia

Tikus selalu menandai wilayahnya dengan air kencingnya. Untuk itu, menggunakan cairan yang mengandung amonia bisa jadi cara mengusir tikus pergi dari rumah. Campurkan cairan amonia dengan deterjen. Kemudian semprotkan di sudut-sudut atau tempat yang diyakini sebagai sarang tikus di rumah.

Minyak peppermint

Masih menggunakan bau-bauan. Kali ini, Sobat GoHitz juga bisa menggunakan minyak peppermint. Sama seperti sebelumnya, semprotkan cairan yang mengandung minyak peppermint ini ke area yang sering didatangi atau dilalui oleh tikus. Cara ini bisa membuat tikus akan menjauh dan menghindari tempat tersebut.

Kapur barus

Tikus juga sangat tidak menyukai bau-bauan harum. Contohnya yang ada pada kapur barus. Sobat GoHitz bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengusir tikus dari rumah. Taruhlah kapur barus di tempat yang biasa dilalui atau dijadikan sarang tikus di rumah. Niscaya hal ini dapat mengusir tikus-tikus mengganggu tersebut.

Perangkap tikus

Selanjutnya Sobat GoHitz juga bisa memasang perangkap untuk tikus. Misalnya dengan menaruh potongan makanan untuk dijadikan umpan ke perangkap tikus. Jenis perangkap tikus pun bermacam-macam. Ada yang menggunakan alat dan juga lem khusus yang membuat tikus tidak bisa kabur jika tertangkap.

Pelihara kucing

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus adalah dengan memelihara hewan yang merupakan predator alami tikus. Contohnya adalah kucing yang merupakan predator alami tikus. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir tikus. Sebab, tikus akan takut memasuki rumah yang didalamnya ada pemangsanya.

Teks : Yogi Rachman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Keranjang Rotan Berbentuk Karakter Ini Unik dan Fungsional Banget!
27 09 2017
FancyFurni, Alat Saji Makanan dengan Desain Kekinian
5 09 2017
5 Unsur Membangun Rumah di lahan yang Sempit
5 08 2017
Jangan Salah Pilih Bahan Material Bangunan Anda!
3 08 2017