Dibaca 620 kali
...
no tags
Fathur Rochman
8 July 2017

Jakarta, GoHitz.com - Memiliki taman itu membuat rumah semakin asri. Biasanya taman berada di area depan atau belakang rumah, tapi buat Sobat GoHitz yang tinggal di area terbatas, seperti apartemen, misalnya, kalian tetap bisa lho mewujudkan taman. Bahkan, para ahli mengatakan bahwa tanaman yang cocok ditanam di lahan terbatas itu adalah bunga dan sayuran.  

Berikut GoHitz akan berikan beberapa tip ketika kamu memutuskan untuk memanfaatkan lahan sempit yang tersedia di rumahmu untuk dijadikan taman sebagaimana dilansir dari Boldsky.

Dapatkan ruang yang tepat

Jika rumah kamu memiliki dasar pondasi yang kuat, kamu bisa dengan mudah membuat taman dengan aneka tumbuhan, bahkan dengan pohon yang berukuran agak besar. Jika kamu ingin tamanmu terlihat lebih besar, kamu bisa menutupi seluruh permukaan dengan tanah. 

Lahan harus tahan air

Untuk menjaga agar rumahmu aman dari efek samping pembuatan taman, kamu perlu menyediakan lahan yang tahan air. Jika kamu ingin menutupi seluruh areal lahan dengan tanah, pastikan lahan tersebut sudah tahan air agar terhindar dari kebocoran. 

Tentukan pemilihan tanah

Memiliki jenis tanah yang tepat sangat penting untuk kelangsungan taman kecilmu. Campuran antara tanah dan pupuk kompos merupakan pilihan terbaik karena bisa memberikan hasil maksimal untuk taman. Kamu juga harus memastikan bahwa siraman air atau guyuran hujan bisa menambahkan cukup nutrisi ke dalam tanah. 

Gunakanlah pot

Jika kamu merupakan seorang pemula dalam hal berkebun, menggunakan pot adalah sebuah langkah yang bijak. Tanaman sayuran seperti tomat, cabai, okra dan lainnya bisa tumbuh dengan baik di pot, karena mereka tidak membutuhkan banyak ruang. 

Sirami tamanmu

Ini adalah tip yang umum dilakukan. Penyiraman taman harus disesuaikan dengan musim ya. Jika sedang musim panas, kamu perlu menyiram tanaman dua kali sehari untuk menjaga agar tanah tetap lembab. Namun saat musim hujan, sebelum menyiram taman, kamu harus menekan bagian tanah dengan menggunakan tangan terlebih dahulu untuk memeriksa tingkat kelembapannya. Setelah itu, baru sesuaikan dengan penambahan air. 

Editor : Paramita
Foto : Shutterstock
     

 


Baca Juga

5 Cara Usir Tikus Menganggu di Rumah, Dijamin Pergi
18 09 2017
FancyFurni, Alat Saji Makanan dengan Desain Kekinian
5 09 2017
5 Unsur Membangun Rumah di lahan yang Sempit
5 08 2017
Jangan Salah Pilih Bahan Material Bangunan Anda!
3 08 2017
Tip Agar Rumah Tetap Aman Saat Mudik
19 06 2017