Dibaca 6549 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
26 July 2018

Jakarta, GoHitz.com - Rayap merupakan salah satu binatang yang keberadaannya tidak disukai oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Ulahnya yang suka menggerogoti benda berbahan kayu dapat menimbulkan kekacauan. 

Apalagi bila keberadaan hewan kecil tersebut ada di dalam rumah, perabotan atau furnitur rumah yang menggunakan material kayu akan rentan sekali untuk digerogoti. Maka dari itu, Sobat GoHitz perlu mengetahui cara untuk mengantisipasinya. 

Dilansir dari Boldsky, berikut empat cara ampuh untuk mencegah rayap menggerogoti furnitur kesayangan Sobat GoHitz di rumah.

1. Sinar matahari

Salah satu cara untuk membunuh rayap pada furnitur adalah dengan memberi mereka sinar matahari. Rayap senang berada di tempat yang gelap dan sejuk. Adanya sinar matahari bisa memberikan kekacauan pada diri mereka. Rayap tidak hanya membenci cahaya saja, tetapi juga panas dari matahari. Menjemur 2-3 jam furnitur di bawah sinar matahari bisa membunuh banyak rayap.

2. Jebakan kardus

Rayap ternyata suka memakan selulosa yang ada pada kardus. Itu artinya, kardus bisa dijadikan sebagai umpan untuk menjebak rayap. Caranya adalah dengan membasahi beberapa karton kardus lalu letakkan pada celah furnitur. Karton basah ini dapat menarik rayap dalam jumlah besar. Ketika sudah dipenuhi rayap, bawa kardus keluar rumah dan kemudian bakarlah.

3. Asam borat

Selain dikenal efektif untuk mengusir kecoak, asam borat ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi rayap. Cara kerjanya, Sobat GoHitz bisa menyemprotkan asam borat pada furnitur berbahan kayu. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur agar furnitur kesayanganmu terlindungi

4. Minyak jeruk

Minyak jeruk ternyata memiliki fungsi untuk membunuh rayap pada furnitur. Minyak jeruk mengandung D-Limonene, yang diketahui sangat efektif untuk membasmi rayap. Semprotkan minyak jeruk ini pada furnitur. Niscaya furnitur di rumah akan terbebas dari rayap.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Trik Ini Sulap Ruangan Kecil Jadi Tampak Luas
4 08 2018
Bingung Memilih Lantai Untuk Garasi, Baca Nih Panduannya
2 08 2018
5 Inspirasi Agar Dinding Rumah Tak Terkesan Kosong
24 07 2018
Astra Property Menjalin Kerjasama Dengan Salah Satu Perusahaan Bank Terbesar di Indonesia
24 07 2018