...
no tags
Anggarini Paramita
8 June 2018

Jakarta, GoHitz.com - Bagi Sobat GoHitz yang terbiasa memiliki pembantu rumah tangga dan akan ditinggal asisten rumah tangga untuk mudik. Solusi terkini adalah mencari pembantu musiman atau biasa disebut pembantu Infal, yang disediakan oleh para agen penyalur pembantu. Nah, bagi kamu para majikan yang berminat meggunakan jasa para pembantu infal tersebut, ada baiknya menyimak beberapa tips aman memilih pembantu infal yang telah dirangkum oleh GoHitz berikut ini. 

1. Kroscek terlebih dahulu identitas pembantu infal

Ini merupakan hal terpenting yang harus Sobat GoHitz lakukan sebelum memilih pembantu infal. Kamu harus mengecek keaslian identitas si pembantu. Jika perlu, kamu bisa mendatangi alamat yang tertera di kartu identitas untuk memastikan bahwa si pembantu memang tinggal di alamat tersebut dan dikenal oleh warga sekitar. Dengan begitu, kamu dapat mengantisipasi modus-modus kejahatan yang berkedok jasa pembantu infal.

2. Telusuri rekam jejak calon pembantu infal

Usahakan pilihlah pembantu infal yang sudah memiliki pengalaman kerja di beberapa tempat. Kemudian, kamu telusuri kinerja si pembantu di tempat kerja sebelumnya. Kamu harus pastikan apakah pembantu tersebut memiliki masalah atau tidak di tempat sebelumnya. Hal itu bisa menjadi referensi kamu dalam menentukan pembantu infal yang akan dipilih. 

3. Pilih lembaga penyalur pembantu yang kredibel

Carilah lembaga atau yayasan penyalur pembantu yang resmi dan terpercaya. Sobat GoHitz dapat mengecek terlebih dahulu izin perusahaan tersebut. Untuk lebih yakin, kamu bisa meminta rekomendasi dari rekan dan keluarga yang pernah menggunakan jasa pembantu infal, atau bisa mencari informasi di Internet. 

4. Simpanlah barang berharga di tempat yang aman

Selain mengecek identitas dan latar belakang calon pembantu infal, Sobat GoHitz juga harus tetap waspada. Simpanlah barang-barang berharga di tempat yang tidak terjangkau atau sekiranya tidak diketahui oleh orang lain. tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati.

5. Datang langsung ke tempat penyalur pembantu infal

Usahakan kamu untuk datang langsung ke tempat penyalur pembantu infal. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa melihat secara langsung dan lebih leluasa memilih tenaga infal yang sesuai. Selain itu, kamu juga bisa langsung menjelaskan tugas-tugas mereka serta gaji yang ditawarkan. 

Fungsi pembantu memang sangat penting bagi kamu yang memiliki kesibukan padat baik di dalam maupun di luar rumah. Namun, jangan sampai kamu salah memilih orang sehingga dapat merugikan diri sendiri.

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

5 Trik Ini Sulap Ruangan Kecil Jadi Tampak Luas
4 08 2018
Bingung Memilih Lantai Untuk Garasi, Baca Nih Panduannya
2 08 2018
4 Cara Ini Terbukti Ampuh Usir Rayap Dari Furnitur
26 07 2018
5 Inspirasi Agar Dinding Rumah Tak Terkesan Kosong
24 07 2018