...
no tags
Maria Cicilia Galuh
12 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Menjadi ibu adalah dambaan setiap perempuan. Ketika diberi anugerah seorang anak, tentu mereka melakukan semua yang terbaik untuk buah hatinya tersebut. 

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog dari TigaGenerasi mengatakan bahwa ada beberapa kesalahan yang sering dijumpai pada seorang ibu baru. Sayangnya, kesalahan-kesalahan yang akan GoHitz jabarkan berikut ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental seorang ibu. Berikut penjelasannya. 

1. Merasa Bisa Melakukan Segalanya
Karena zaman yang serba mudah dan apapun serba ada. Para ibu baru merasa bisa melakukan dan menangani semua masalah sendirian. Dengan bekal gadget, mereka mencari informasi dari berbagai sumber untuk mendapat jawaban dari semua pertanyaan. 

2. Berusaha Jadi Ibu yang Sempurna
Semua ibu sempurna, apapun keadaannya. Namun, para ibu baru cenderung berpandangan harus selalu sempurna, mulai dari melahirkan normal, ASI esklusif sampai pemberian MPASI. 

"Kondisi setiap ibu berbeda. Mereka selalu berusaha untuk menjadi yang paling sempurna dan tahu segalanya. Padahal kan enggak harus juga sehingga mereka lupa bahwa jadi ibu yang baik bagi anaknya saja sudah cukup," ucap Vera dalam kampanye #senangnyajadiibu di Jakarta, Rabu (11/4).

3. Tidak Siap Jika Rencananya Gagal
Menurut Vera, banyak pasiennya yang tidak siap ketika ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan rencana. Misalnya saja, ingin melahirkan normal tapi malah sesar. Atau anaknya belum bisa berjalan dan berbicara, padahal anak lain seusianya sudah. 

"Ketika itu enggak tercapai, stresnya minta ampun. Jadi tetap harus siap dengan kemungkinan terburuk. Ini penting untuk kesejahteraan mental nantinya," jelas Vera. 

Vera mengungkapkan jika dukungan dari suami dan keluarga terdekat sangatlah penting untuk kesehatan ibu baru. Malah milenial mom saat ini lebih enak karena ada banyak komunitas untuk saling sharing soal parenting

"Ini bisa berimpact pada kesejahteraan ibu setelah melahirkan," tutup Vera. 

 

Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Begini Cara Membangkitkan Nafsu Makan Si Kecil
4 08 2018
Ini Lho Pentingnya 1000 Hari Pertama Pada Kehidupan Anak
3 08 2018
Begini Cara Bikin Anak Pendiam Jadi Lebih Terbuka
25 07 2018
11 Tahun Menikah, Winky Wiryawan Santai Kalau Ditanya Soal Momongan
5 07 2018