...
no tags
Maria Cicilia Galuh
12 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Pernah dengar sebutan ibu milenial atau milenial moms atau emak-emak zaman now? Siapa sih mereka dan apa saja tantangannya?  Nih, GoHitz kasih penjelasannya. 

Milenial mom adalah ibu-ibu yang lahirnya tahun 1980an dan awal 1990an. Biasanya mereka adalah ibu baru atau calon ibu. Mereka juga melek informasi dan gadget, bahkan bisa dikatakan menomorsatukan apa yang ada di sosial media. 

Milineal mom juga berbeda dengan ibu-ibu zaman dulu yang pola mengasuh anaknya bersumber dari orang tua sendiri atau mertua.  Kalau milenial mom, sumber informasinya sangat banyak mulai dari Google, Instagram dan mereka suka bergabung dalam komunitas.

Dari sisi wawasan tentu, ini sangat bagus. Namun, para milenial mom tersebut juga memiliki tantangan yang cukup berat dan tidak sedikit juga yang sampai putus asa.

"Tantangan milenial moms itu, kayak terlalu banyak mendapat informasi sehingga kadang ibu lupa mengenali anaknya, mereka patokannya jadi anak orang lain karena sering melihat di sosial media ada anak yang seumur dengan anaknya tapi kemampuannya  berbeda. Yang saya tekankan kenali anak sendiri dan filter informasi dari manapun,"ujar Vera Itabiliana Hadiwidjojo, psikolog dari TigaGenerasi dalam acara Kampanye Mothercare #senangnyajadiibu di Jakarta, Rabu (11/4).

Vera mengatakan banyak kasus yang ditemukan olehnya jika para ibu baru ini banyak yang mengalami baby blues dan mom wars. Mereka terlalu khawatir dengan banyaknya anggapan yang beredar di masyarakat seperti sesar vs normal, ASI esklusif vs sufor dan lainnya. 

"Ketika itu enggak tercapai, stresnya minta ampun. Berusaha jadi ibu yang perfect, harus tahu segalanya, padahal kan enggak harus juga sehingga lupa bahwa jadi ibu yang baik bagi anaknya saja, sudah cukup. Ini penting untuk kesejahteraan mental nantinya. Ketika dapat anak itu kan, enggak indah-indah mulu, tetap ada tantangan yang dihadapi," papar Vera. 

Dia melanjutkan, "Hindari untuk terjebak dalam moms war. Setiap moms unik, setiap anak unik. Kita enggak bisa ngecap kalau enggak full esklusif itu bad moms. Ada momen tertentu yang mengharuskan kita pakai kacamata kuda. Saya banyak menemukan ibu yang stres berat karena tekanan dari kiri-kanan.

 

Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Begini Cara Membangkitkan Nafsu Makan Si Kecil
4 08 2018
Ini Lho Pentingnya 1000 Hari Pertama Pada Kehidupan Anak
3 08 2018
Begini Cara Bikin Anak Pendiam Jadi Lebih Terbuka
25 07 2018
11 Tahun Menikah, Winky Wiryawan Santai Kalau Ditanya Soal Momongan
5 07 2018