...
no tags
Maria Cicilia Galuh
25 November 2017

Jakarta, GoHitz.com - Bagi seorang istri yang berpisah dengan suami karena perceraian, biasanya mereka akan lebih memilih untuk tidak menjalin hubungan komunikasi lagi dengan mantan suami. Apalagi bila perceraian tersebut terjadi karena ulah sang mantan suami yang 'bermain api'. Para istri ini akan lebih tenang bila menjalani kehidupan baru tanpa ada komunikasi lagi dengan mantan pasangannya. 

Tapi lain cerita bila di antara keduanya hadir sosok anak atau buah hati. Memutus hubungan dengan mantan suami bisa jadi adalah keputusan yang kurang tepat. Bagaimanapun juga, anak masih memerlukan kasih sayang dan perhatian dari kedua orangtua kandungnya. Nah, bila hak asuh anak ada di tangan istri, sebaiknya hubungan komunikasi dengan sang mantan suami harus tetap dilakukan. 

Lalu seperti apa caranya agar istri bisa tetap menjalin komunikasi yang baik dengan mantan suami, tanpa harus merasa 'baper' atau justru ikut campur dalam kehidupan baru masing-masing pasangan. 

1. Fokus kepada urusan anak

Saat berkomunikasi, sebaiknya pembahasan difokuskan tentang masalah seputar anak. Hindari percakapan tentang masalah pribadi masing-masing mantan pasangan, seperti menanyakan pasangan baru atau lain sebagainya. 

2. Libatkan mantan suami pada momen-momen besar si anak

Libatkan mantan suami pada momen-momen besar yang menyangkut sang anak. Seperti perayaan ulang tahun, acara wisuda, pernikahan dan lain sebagainya. Anak pasti akan senang bila acara tersebut dihadiri kedua orangtua kandungnya.

3. Ajak anak untuk bertemu ayahnya

Meskipun telah berpisah, tidak ada salahnya untuk melakukan pertemuan dengan mantan suami. Tapi ingat, konteks pertemuan ini adalah agar sang anak bisa bertemu langsung dengan ayah kandungnya.

4. Jangan baper atau posesif

Ketika mantan suami sudah memiliki pasangan baru, janganlah menjadi 'baper' atau posesif. Komunikasi dengan mantan suami terkait urusan anak harus tetap dilakukan. Tapi jangan sampai melukai hati atau perasaan pasangan baru si mantan suami. 

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : illnoisdoityourselfdivorce

 

Baca Juga




Baca Juga

Dua Tantangan Penting Untuk Ibu Zaman Now
14 12 2017
5 Cara Mengungkapkan Cinta Tanpa Kata-Kata
8 11 2017
Pikirkan 5 Dampak Ini Sebelum Merekam Adegan Hubungan Intim dengan Pasangan
4 11 2017
Cara Annisa Pohan Jawab Pertanyaan Anak yang Kritis
18 10 2017