...
no tags
Maria Cicilia Galuh
4 August 2018

Jakarta, GoHitz.com - Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga sering moody soal makanan. Kadang anak makan dengan lahap, tapi kadang pula mereka susah atau tidak nafsu makan. 

Jika sudah seperti ini, orang tua harus mengeluarkan seribu satu jurus supaya ada makanan yang masuk ke perut anak. Lalu bagaimana sih cara membangkitkan nafsu makan anak-anak kita? 

Dokter Gizi Dr. Juwalita Surapsari memberikan beberapa cara tentang bagaimana mengembalikan nafsu makan anak. Cara yang pertama adalah dengan menyajikan makanan secantik mungkin.

"Kita mau makan sesuatu kalau tampilannya bagus, baunya enak dan lihat orang lain makannya enjoy," ujar Dr. Juwalita saat ditemui dalam sebuah diskusi di Buumi Playscape Pacific Place, Jakarta, Kamis (2/8).

Selain mempercantik makanan yang akan disajikan, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberi contoh kepada si anak. Dr. Juwalita mencontohkan bila anak enggan makan sayur, maka orang tua harus terlebih dahulu memakan sayur tersebut. Dengan begitu, anak akan meniru dan akhirnya mau untuk mengonsumsi sayur tersebut.

Dr. Juwalita mengingatkan bahwa cara-cara yang dia berikan tidak serta merta bisa langsung berhasil dalam satu kali praktik. Cara-cara tersebut perlu dilakukan berkali-kali sampai membuahkan hasil yang positif.

"Anak baru mau menerima makanan tertentu kalau sudah dipaparin 10 sampai 15 kali. Jadi kasih aja dulu, kenalin dulu. Kalau anak baru dikasih 2 kali enggak mau, orang tua ya  jangan langsung patah semangat," pungkas Dr. Juwalita.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Ini Lho Pentingnya 1000 Hari Pertama Pada Kehidupan Anak
3 08 2018
Begini Cara Bikin Anak Pendiam Jadi Lebih Terbuka
25 07 2018
11 Tahun Menikah, Winky Wiryawan Santai Kalau Ditanya Soal Momongan
5 07 2018
5 Cara Terbaik Rayakan Hari Ayah Sedunia
18 06 2018