...
no tags
Maria Cicilia Galuh
3 August 2018

Jakarta, GoHitz.com - Bagi para orang tua, terutama yang baru memiliki anak, mengawasi proses tumbuh kembang sang buah hati merupakan suatu keharusan. Proses pengawasan ini dilakukan tidak hanya pada saat anak sudah beranjak dewasa saja, tetapi harus dimulai sejak 1000 hari pertama kehidupan sang anak.

Jumlah 1000 hari tersebut dihitung bukan pada saat anak dilahirkan, melainkan sejak dari masa kehamilan. Singkatnya, 1000 hari terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan seorang anak.

"Kurangnya pengetahuan ibu hamil dan keluarga mengenai 1000 hari pertama kehidupan adalah faktor yang memengaruhi status gizi seorang anak serta aspek tumbuh kembangnya, ujar Dokter Gizi, Dr. Juwalita Surapsari, Sp. GK dalam sebuah diskusi dengan tema Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, di Buumi Playscape Pacific Place, Jakarta, Kamis (2/8).

Pada masa 1000 hari ini, nutrisi yang diterima oleh bayi sejak saat dalam kandungan, hingga bayi lahir sampai usia 2 tahun, memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan saat mereka bertumbuh kembang menjadi manusia dewasa. 

Tidak terpenuhinya nutrisi yang tepat pada periode ini akan menyebabkan tidak optimalnya tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, pemberian nutrisi yang baik akan menurunkan berbagai resiko masalah kesehatan seperti kekurangan gizi, pendek, obesitas dan diabetes.

Selain pemberian nutrisi, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menstimulasi perkembangan anak di fase 1000 hari pertama adalah dengan mengajak anak bermain. 

"Dunia bermain merupakan landasan awal dari proses belajar anak. Dengan dilandasi cinta dan kasih sayang, mulailah melakukan stimulasi sedari dini terhadap anak melalu kegiatan menyenangkan seperti bernyanyi, bergerak bebas atau membaca buku," ucap Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini, Carmelia Riyadhni, S.Psi, dalam kesempatan yang sama.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Chairul Rohman

 

Baca Juga




Baca Juga

Begini Cara Membangkitkan Nafsu Makan Si Kecil
4 08 2018
Begini Cara Bikin Anak Pendiam Jadi Lebih Terbuka
25 07 2018
11 Tahun Menikah, Winky Wiryawan Santai Kalau Ditanya Soal Momongan
5 07 2018
5 Cara Terbaik Rayakan Hari Ayah Sedunia
18 06 2018