...
no tags
Maria Cicilia Galuh
25 July 2018

Jakarta, GoHitz.com - Bagi sebagian orang tua, memiliki anak dengan sifat pendiam atau tertutup menjadi sebuah tantangan tersendiri. Mereka harus pintar-pintar dalam berkomunikasi agar sang anak mau lebih terbuka untuk bercerita tentang segala hal.

Menurut Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar anaknya yang bersifat tertutup dan irit bicara mau berkomunikasi lebih terbuka. Salah satunya dengan membuka diri terlebih dahulu.

"Jadi trik berkomunikasi dengan anak yang cenderung malas ngomong adalah biasakan ketika sedang momen bersama, enggak melulu harus kita yang nanya ke anak. Itu bikin enggak nyaman. Jadi bisa dimulai dengan kita duluan yang cerita," ujar Vera dalam acara Media Gathering Lazada, di Lalla - Four Seasons, Jakarta, Selasa (24/7).

Vera mengatakan para orang tua bisa memulai perbincangan dengan menceritakan tentang hal-hal keseharian yang ringan. Misalnya saja hal-hal yang sedang disukai oleh sang anak. Dengan begitu, anak akan tertarik dan antusias untuk masuk ke dalam perbincangan.

Setelah suasana mulai cair, barulah orang tua bisa sedikit demi sedikit mengulik tentang hal-hal yang sifatnya pribadi. 

"Buat dia nyaman dengan kehadiran kita. Itu dulu aja targetnya. Pikiran-pikiran kepo entar dulu. Kalau dia sudah nyaman baru deh tanya-tanya. Tapi itu butuh waktu. Enggak sekali dua kali," tandas Vera.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Begini Cara Membangkitkan Nafsu Makan Si Kecil
4 08 2018
Ini Lho Pentingnya 1000 Hari Pertama Pada Kehidupan Anak
3 08 2018
11 Tahun Menikah, Winky Wiryawan Santai Kalau Ditanya Soal Momongan
5 07 2018
5 Cara Terbaik Rayakan Hari Ayah Sedunia
18 06 2018