...
no tags
Anggarini Paramita
6 April 2018

Jakarta, GoHitz.com – Akhir-akhir ini kejahatan berat seperti perampokan disertai pembunuhan mulai menimpa transportasi online, seperti taksi online. Toh kendati demikian, masyarakat masih mengandalkan jenis transportasi ini lantaran tarifnya yang lebih murah dan langsung datang menjemput. Buat Anda yang suka menggunakan taksi online berikut ini enam tipnya agar terhindar dari aksi kejahatan atau tindakan-tindakan yang kurang mengenakkan.

1. Pastikan identitas driver yang menjemput

Terkadang sering kita mendapati bahwa taksi online yang menjemput mobil atau nopolnya berbeda dengan identitas di aplikasi. Kalau sudah begini pastikan dulu apakah identitas driver taksi online yang menjemput Anda kepada sang driver atau aplikator taksi online tersebut.

2. Hafalkan rute perjalanan Anda

Biasanya saat Anda menggunakan taksi online, Anda suka alpa atau abai untuk menghafalkan rute perjalanan Anda terlebih dahulu. Ketidaktahuan akan rute perjalanan bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab saat yang mengemudikan taksi online dan bisa membawa Anda ke lokasi atau rute tak dikenal.

agar terhindar dari hal demikian, ada baiknya Anda menghafalkan rute perjalanan Anda terlebih dahulu atau minimal selalu memantau rute perjalanan Anda melalui GPS yang sudah Anda setel sebelum naik taksi online.

3. Selalu beri kabar

Ingat naik taksi online bukan berarti aman dari risiko tindak kejahatan. Nah biar teman atau kerabat Anda tahu dimana lokasi terakhir Anda saat menaiki taksi online, tidak ada salahnya memberi mereka kabar via Whatsapp, SMS, atau menelepon langsung mereka.

4. Jangan tertidur

Menaiki transportasi publik jenis apapun, apalagi taksi online sering membuat kita tertidur karena kenyamanan yang diberikan. Namun ketika naik taksi online dengan driver orang asing, Gohitz menyarankan agar Anda jangan tidur atau tertidur selama perjalanan karena kondisi ini memudahkan oknum-oknum melancarkan aksi kejahatannya. Tetap terjaga selama perjalanan akan menyulitkan pelaku kejahatan melancarkan aksinya.

5. Cek dulu mobilnya

Jangan mudah percaya terhadap driver taksi online kendati sang driver tampak bersahabat. Bisa jadi dia sudah menyembunyikan kaki tangannya di bagasi mobil. Selalu cek keadaan mobil taksi online, terutama bagian bagasi sebelum menaikinya guna memastikan apakah ada hal-hal mencurigakan di dalam taksi online tersebut.

6. Ajak teman atau kerabat

Ingat melakukan perjalanan dengan taksi online sendirian mengundang risiko lebih besar ketimbang mengajak teman-teman untuk bareng-bareng menggunakan taksi yang sama. Ajaklah teman atau kerabat lebih dari dua orang saat menggunakan taksi online agar Anda tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Ilustrasi : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

3 Spot Terbaik Untuk Menyaksikan Konvoi Pangeran Harry & Meghan Markle
19 05 2018
Yayasan Jantung Indonesia Ikut Semarakkan Asian Games 2018
15 05 2018
Pesona Ramadan Khas Indonesia Hadir di Mal Ini
14 05 2018
Pesona "Splendor of Ramadhan" di Grand Galaxy Park Mall
12 05 2018