...
no tags
Anggarini Paramita
17 January 2018
Jakarta, GoHitz.com - Sobat GoHitz tahu enggak bila saat ini Pemerintah DKI Jakarta sedang berencana mengembalikan becak sebagai moda transportasi publik di Ibukota lho. Keberadaan becak nantinya bisa menjadi alternatif angkutan penumpang bagi masyarakat, khususnya yang ada di kampung-kampung. 
 
Becak sendiri duu sudah pernah menjadi angkutan penumpang di Jakarta,  namun karena jumlahnya yang semakin banyak, akhirnya angkutan roda tiga ini dilarang beroperasi. Selain becak, ada juga beberapa angkutan penumpang jadul yang pernah beroperasi di Jakarta. Sebagian sudah dilarang keberadaannya, tapi ada juga yang masih beroperasi hingga kini. Berikut GoHitz akan membahas 5 di antaranya. 
 
1. Bajaj
 
Foto: commons.wikimedia.org
 
Bajaj mungkin menjadi salah satu transportasi jadul yang paling mampu bertahan di Ibukota. Sobat GoHitz tentu masih cukup mudah menemukan kendaraan umum roda tiga ini di pusat-pusat kota seperti stasiun atau pun sekitar gedung-gedung perkantoran. Bajaj masih sering digunakan karena dianggap masih handal membelah kemacetan di ibukota. Yup, bajaj memang dikenal sebagai kendaraan umum yang jago nyelip di jalan raya. 
 
2. Bemo
 
Foto: seratus.id
Transportasi jadul yang satu ini juga masih terlihat beroperasi di ibukota. Meskipun tidak sebanyak bajaj, namun bemo masih bisa kita jumpai di beberapa kawasan di Jakarta, seperti di Manggarai dan Salemba. Salah satu faktor yang membuat bemo masih bertahan adalah tarifnya yang relatif murah dan juga bisa diandalkan untuk menembus kemacetan Jakarta. 
 
3. Ojek sepeda
 
Foto: toekangketik.blogspot.com
 
Di era Batavia, ojek sepeda masih menjadi transportasi yang cukup populer digunakan oleh masyarakat Jakarta. Namun semakin berkembangnya zaman, transportasi yang satu ini semakin terpinggirkan. Saat ini ojek sepeda masih bisa kita temukan hanya di kawasan Kota Tua dan sekitarnya. Penggunaannya pun lebih kepada transportasi wisata di sekitar Kota Tua. 
 
4. Delman
 
Foto: YouTube
Transportasi publik yang satu ini keberadaannya kini sudah dilarang di Ibukota. Delman kini lebih berfungsi sebagai transportasi wisata. Padahal,  pada zaman dulu,  delman menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Jakarta.
 
5. Helicak
 
Foto: Twitter
Dahulu di tahun 1970an,  helicak menjadi salah satu moda transportasi andalan Warga Jakarta. Helicak merupakan angkutan berbentuk unik, yakni paduan antara helikopter dan becak. Maka dari itulah angkutan ini kemudian diberi nama helicak. 
 
6. Oplet
 
Foto: otogearshift.web.id
Buat Sobat GoHitz yang suka nonton serial Si Doel Anak Sekolahan, pasti sudah familiar dengan angkutan jadul yang satu ini. Yup di era 1980an, oplet menjadi angkutan umum primadona masyarakat Jakarta. 
 
7. Bis tingkat
 
Foto: kabarpenumpang.com
 
Bis tingkat merupakan angkutan umum favorit masyarakat Jakarta era 1970an. Namun di penghujung 1990an, bis tingkat mulai menghilang dari jalanan Ibukota. Baru pada beberapa tahun terakhir ini bis tingkat kembali eksis dan menjadi angkutan transportasi wisata Jakarta. 
 
Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Pelbagai sumber

 

Baca Juga




Baca Juga

Kena Sistem Buka-Tutup Jalan, Gini Cara Asyik Menghadapinya
18 06 2018
Jalanan Jakarta Sepi, 8 Potret Kreatif Ini Muncul!
18 06 2018
10 Tulisan Kreatif Pemudik Sepeda Motor Ini Bikin Ngakak
14 06 2018
Lara Silvi Gelar Aksi Sosial dengan Mengendarai Motor Trail
13 06 2018