...
no tags
Anggarini Paramita
12 January 2018

Jakarta, GoHitz.com – Dulu, kalau mau ikut tes beasiswa Anda harus melakukan semuanya secara manual mulai dari cek lokasi ujian serta menyiapkan segala perlengkapan alat tulis untuk mengikuti tes tertulis manual. Bagi peserta dari luar kota terpaksa menginap di rumah kerabat atau booking hotel demi mengikuti ujian tersebut.

Mungkin hal-hal tersebut akan menjadi kenangan karena di tahun 2018 ini terdapat terobosan dimana tes beasiswa akan dilakukan secara online sepenuhnya. Seleksi online tersebut akan digelar oleh Ruangguru dan President University guna menyeleksi calon penerima beasiswa yang disediakan untuk 1.440 siswa SMA/SMK kelas XII.

“Seleksi online itu bisa diakses dari lokasi manapun dengan materi yang diujikan, yakni Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA). Namun, ada beberapa tahap dimana seleksi online tersebut merupakan tahap pertama, sedangkan tahap keduanya adalah seleksi nilai rapor siswa,” tutur CEO Ruangguru  Adamas Belva kepada GoHitz di Menara Batavia, Jakarta.

Dia juga menambahkan bahwa seleksi online dan rapor merupakan tahapan awal dari empat tahapan seleksi program calon penerima beasiswa President University, dimana tahapan akhir atau final dilakukan oleh tim dari kampus tersebut.

“Kami mengerjakan seleksi awalnya dulu, soalnya kalau tidak dilakukan secara online maka anak-anak yang tidak tinggal di kota tidak akan bisa ikut seleksi ini. Yang terpenting bisa ikut terlebih dahulu, tunjukkan bahwa mereka bisa, dan diharapkan bisa lolos ke seleksi-seleksi selanjutnya,” ujar Belva.

Terkait kemungkinan adanya potensi kecurangan dalam seleksi online ini, Belva sendiri menjamin bahwa hal itu tidak akan terjadi mengingat proses penyaringan calon penerima beasiswa tersebut tidak hanya satu tahap, namun seleksi dilakukan dalam beberapa tahap.

“Memang sebenarnya orang yang niat dan yang tidak sudah terlihat, seperti kemarin saat kami menyelenggarakan tryout yang diikuti oleh 700 ribu peserta. Dari ratusan ribu peserta  itu terlihat mana peserta yang mendapatkan nilai jelek dan bagus. Jadi gimana caranya kita saring dulu, memang tidak sempurna, namun nanti masih ada tahap-tahap selanjutnya dan juga melihat nilai rapor peserta sehingga jika tes onlinenya bagus, tapi nilai rapornya jelek tentunya tidak akan lulus juga,” kata CEO Ruangguru itu dalam wawancara dengan GoHitz usai penandatanganan nota kesepahaman dengan President University.

Seleksi online calon penerima beasiswa President University merupakan salah satu tahap dari tiga tahapan awal yang terbagi menjadi pendaftaran, tes seleksi dan ranking peserta berdasarkan hasil tes. Ketiga tahap ini dilakukan oleh Ruangguru sepenuhnya secara online dan diumumkan pada 28-30 Maret 2018, seleksi onlinenya sendiri menggunakan platform ujian online milik Ruangguru yakni ruanguji, yang juga digunakan untuk tryout ujian online. 

President University menyediakan 1.440 beasiswa dengan total nilai Rp66 milyar untuk siswa/siswi SMA atau SMK kelas XII. Jurusan yang bisa dipilih oleh penerima beasiswa President University yakni akuntansi, administrasi bisnis, manajemen, teknologi informasi, sistem informasi, teknik industri, teknik mekanik, teknik elektro, teknik pembangunan, hubungan internasional, komunikasi, hukum dan pendidikan anak usia sekolah dasar.     

Pendaftaran peserta seleksi program ini sudah bisa Anda ikuti mulai 10 Januari 2018 dan akan ditutup pada 5 Maret 2018, dengan mengakses www.beasiswaruangguru.com dan unduh aplikasi Ruangguru di Playstore atau App Store. 

Teks & Foto : Aji Cakti
Editor : Paramita
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Berburu Hidangan Buka Puasa di Festival Kuliner Ngabuburit
26 05 2018
Deretan Desainer Ternama Ramaikan Gelaran Fimela Fuchsia Market 2018
26 05 2018
Bahan Alami Terpilih Jadi Unggulan Naturals by Watsons
23 05 2018
Belanja di iLOTTE Dijamin Barang Branded Original
24 05 2018