Dibaca 693 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
12 September 2017

Jakarta, GoHitz.com - Tren bersepeda dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi sebuah gaya hidup yang mulai diterapkan oleh masyarakat perkotaan di Indonesia. Tapi, masyarakat kita bisa dibilang cukup terlambat dalam menerapkan gaya hidup bersepeda ini. Sebab di banyak negara lainnya, terutama di Eropa, tren bersepeda di kota-kota besar sudah berlangsung sejak lama. 

Masyarakat di negara-negara tersebut menjadikan bersepeda sebagai hobi. Selain menyehatkan, bersepeda juga menjadi salah satu cara untuk terhindar dari adanya kemacetan di jalan raya. Kali ini GoHitz akan membahas lima negara yang masyarakatnya sangat hobi bersepeda. Yuk disimak satu per satu. 

1. Belanda

Foto: bicycledutch.wordpress.com

Bicara tentang negara yang rakyatnya hobi bersepeda, maka nama Belanda akan berada di urutan atas. Kota-kota di Belanda memiliki sarana dan prasarana yang sangat mendukung bagi para pesepeda. Mulai dari jalur khusus sepeda, rambu-rambu bagi pesepeda, permukaan jalan yang relatif datar dan sebagainya. Selain itu, iklim yang sejuk dan jarak antar satu tempat dan tempat lainnya yang relatif dekat membuat masyarakat Belanda semakin betah dan nyaman untuk mengendarai sepeda. 

2. Denmark

Foto: cycling-embassy.dk

Denmark juga menjadi negara yang ramah bagi pesepeda. Di negara ini, hampir di setiap sudut kotanya berseliweran para pesepeda yang hilir mudik menjalankan aktivitasnya. Sama seperti di Belanda, kota-kota di Denmark, seperti Kopenhagen juga memiliki sarana dan prasarana yang sangat baik bagi para pesepeda. Di Denmark sendiri ada sebuah sepeda unik beroda tiga bernma Christiania Bikes. Sepeda mirip becak namun tanpa atap ini banyak digunakan sebagai kendaraan pribadi oleh masyarakat Denmark untuk membawa barang bawaan ataupun sekedar berboncengan. 

3. Jerman

Foto: radreisen.at

Negara Eropa lainnya yang masyarakatnya juga hobi bersepeda adalah Jerman. Di negara ini, sepeda menjadi salah satu transportasi utama masyarakatnya dalam beraktivitas. Masyarakat Jerman juga dikenal tertib dalam berkendara. Mereka selalu menggunakan berbagai perlengkapan pendukung saat bersepeda seperti helm, lampu ataupun jaket yang memancarkan sinar ketika terkena cahaya. Dua perlengkapan terakhir yang disebutkan sangat bermanfaat ketika sedang mengendarai sepeda di waktu malam ataupun di tempat yang gelap. 

4. Swedia

Foto: copenhagenize.com

Swedia juga dikenal sebagai negara yang bersahabat dengan para pesepeda. Bahkan di salah satu kotanya, yaitu Lund disebut sebagai kota sepeda. Di negara ini, sebagian besar penduduknya banyak menggunakan sepeda untuk beraktivitas. Maka tak perlu heran bila kota-kota di Swedia memiliki lingkungan yang sangat asri dan jauh dari polusi udara. Fasilitas yang disediakan bagi para pesepeda di negara inipun sangat lengkap, seperti jalur khusus pesepeda, dan parkir sepeda yang luas. Bahkan di kereta listrik juga disediakan tempat khusus sepeda loh!

5. Jepang

Foto: elenapotts.blogspot.co.id

Di benua Asia, Jepang menjadi salah satu negara yang warganya sangat menggemari sepeda. Di negara ini baik tua maupun muda banyak menjalankan aktivitas dengan mengendarai kendaraan roda dua tak bermesin ini. Bahkan, ada peraturan di mana anak sekolah yang belum lulus SMA diwajibkan untuk bersepeda. Wah keren banget ya Sobat GoHitz. 

Teks : Fathur Rochman
Foto : Pelbagai Sumber
Editor : Maria Cicilia Galuh

 

Baca Juga




Baca Juga

Packindostar Awards Penting Untuk Industri Kecil Dan Menengah
23 11 2017
Solusi Perawatan Kulit Dan Rambut Ada Dalam Satu Produk Ini
23 11 2017
5 Hal Ini Bikin Kesel Banget Kalau Lagi Di Bioskop
21 11 2017
5 Hal Yang Terjadi Pasca Tragedi 'Tiang Listrik'
21 11 2017