...
no tags
Maria Cicilia Galuh
8 August 2018

Jakarta, GoHitz.com - Sebanyak 100 unit Dropping Box ditempatkan di beberapa titik di Jakarta oleh sebuah asosiasi yang concern terhadap pengelolaan sampah bernama PRAISE (Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment).

Penempatan 100 unit Dropping Box tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar menyadari pentingnya memilah sampah kemasan. Dengan memilah sampah, proses daur ulang sampah kemasan akan menjadi semakin mudah.

"Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2014, tingkat perilaku memilah sampah di rumah tangga, baru mencapai 18,84 %. Oleh karena itu, untuk bersama-sama memperbaiki kondisi ini, PRAISE percaya bahwa partisipasi masyarakat untuk mulai aktif memilah sampah harus terus digalakkan," ujar Perwakilan dari PRAISE, Sinta Kaniawati dalam acara jumpa pers di Colony Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8).

Sebanyak 100 unit Dropping Box tersebut akan ditempatkan di berbagai wilayah di Jakarta, seperti di pertokoan, fasilitas publik, perkantoran dan juga institusi pendidikan. Tempat-tempat tersebut terpilih karena merupakan pusat keramaian, sehingga masyarakat bisa langsung terlibat aktif untuk memilah sampah-sampah kemasan.

Dropping Box yang dihadirkan oleh PRAISE memiliki dua pengelompokan sampah kemasan, yaitu kertas (kemasan karton, kertas dan kardus) dan non-kertas (botol, plastik, kaleng minuman, botol kaca, sachet dan kantong plastik).

Sampah-sampah yang sudah dipilah nantinya akan diangkut secara berkala lalu disalurkan kepada beberapa Bank Sampah yang terpercaya. Setelah disortir di Bank Sampah, kemasan yang bisa didaur ulang akan disalurkan ke pabrik daur ulang. 

"Inisiatif Dropping Box telah mendapat dukungan penuh dari KLHK RI dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Kami percaya solusi ini dapat menciptakan sebuah sistem pengelolaan sampah kemasan holistik yang berfokus pada pemilahan, pengangkutan dan pengelolaan sampah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat menuju pemulihan limbah produk kemasan yang berkelanjutan," tutup Sinta.

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Istimewa

 

Baca Juga




Baca Juga

Menteri BUMN Resmikan 50 Unit Rumah Veteran di NTT
14 08 2018
Ini Lho Rahasia Si Kecil Cerdas dan Sehat
10 08 2018
Pengin Jadi Gamers Profesional? Ikut Kompetisi Ini Saja!
9 08 2018
BUMN Hadir - BRI Pasarkan BRIZZI Asian Games 2018 Di Angkasa
7 08 2018