...
no tags
Anggarini Paramita
8 March 2018

Yogyakarta, GoHitz.com - Berkendara jarak jauh menggunakan mobil membutuhkan persiapan yang baik, terutama dari segi fisik pengendara dan juga kondisi kendaraan yang akan dikemudikan. Mengenai hal tersebut, pereli Nasional Rifat Sungkar dan sekaligus Kepala Instruktur Rifat Drive Labs punya tip menarik yang patut dicoba.

"Nomor satu banget yang perlu diperhatikan adalah journey plan. Jangan bikin satu plan, tapi dua. Kedua bikin time management. Ketiga, pikirkan entertainment dalam hal bukan musik yang berlebihan, tapi stok makanan dalam mobil, posisi duduk yang enak, kemudian situasi kendaraan. Itu entertaining yourself," ujar Rifat Sungkar disela kegiatan Media Touring Xpander 2018 di Yogyakarta, Rabu (7/3).

Suami dari Sissy Priscillia ini, juga mengimbau agar pengendara tidak perlu mendengarkan musik terlalu keras ketika berkendara. Sebab, hal tersebut ternyata bisa mengurangi konsentrasi. 

"Jangan terlalu banyak distraction ketika berkendara. Contohnya, jangan dengerin musik terlalu keras karena membuat kita nggak akan peka dengan lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Menurutnya juga, ideal waktu dalam berkendaraan adalah selama dua jam. Pengemudi dianjurkan beristirahat jika dirasa sudah lelah dan mengantuk.

Tidak hanya dari sisi pengendara saja, kondisi mobil juga berpengaruh terhadap keselamatan ketika berkendara, terutama yang perlu diperhatikan adalah kondisi dari ban.

"Dari kendaraan yang paling berpengaruh dalam perjalanan jarak jauh adalah kondisi ban. Jadi kondisi ban sangat menentukan sekali positioning kendaraan kita. Dalam arti ketika driving, kita selalu berinteraksi dengan kemudi," kata Rifat.

"Kalau ban ada apa-apa pasti kemudinya gak beres. Semua keselamatan kita sangat ditentukan oleh yang menjejak paling terakhir, yaitu ban," jelasnya.

Teks : Yogi Rahman
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Nyari City Car Mungil? 5 Mobil Ini Bisa Jadi Pertimbangan
6 07 2018
Jangan Anggap Sepele, 5 Hal Ini Bikin Mesin Mobil Cepat Panas
11 06 2018
Tip Aman Mudik Gunakan Motor
11 06 2018
Nih, 10 Catatan Bagi Kamu yang Mudik dengan Kendaraan!
3 06 2018