...
no tags
Anggarini Paramita
9 September 2017

Jakarta, GoHitz.com - Apakah Sobat GoHitz berencana menjual mobil? Umumnya, kamu beriklan di koran, situs jual beli, hingga menempelkan tulisan "dijual" pada mobil tersebut plus disertai nomor telepon atau alamat rumah. Sayangnya, cara-cara beriklan seperti itu justru menimbulkan tindak kejahatan. Kini, kamu bisa menjual mobil bekas dengan cara yang cepat, mudah, nyaman, dan pastinya aman di BeliMobilGue.co.id.

BeliMobilGue.co.id mengusung konsep one stop solution, di mana tidak hanya mobil bekas, tetapi semua kendaraan roda empat atau lebih—truk, bus, dan sebagainya—bisa terjual dalam kurun waktu satu jam saja lewat satu rangkaian proses yang mudah, praktis, dan nyaman.

"Biasanya saat menjual mobil, kita harus mencuci mobil dahulu, memfotonya, upload ke portal, menerima telpon, negosiasi dan melakukan hal-hal yang membuat sakit kepala lainnya. Tapi saat ini, kami hadir untuk memberikan Anda alternatif dalam menjual mobil yang mudah, cepat dan nyaman," ucap Founder sekaligus CEO BeliMobilGue.co.id Rolf X. Monteiro dalam acara jumpa pers yang digelar diAttarine Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (7/9).

Rolf menuturkan bahwa perkembangan bisnis jual beli mobil bekas di Indonesia sangat menjanjikan. Daya beli masyarakat kelas menengah yang semakin meningkat, ditambah dengan terus bermunculannya mobil-mobil baru membuat pangsa pasar jual beli mobil bekas terus menggeliat. Peluang ini dimanfaatkan betul olehnya dengan menghadirkan sebuah terobosan revolusioner dalam menjual mobil bekas yang masih terbilang baru di Indonesia.

"BeliMobilGue.co.id diharapkan mampu menjadi solusi yang terbaik bagi siapa saja yang ingin menjual mobil mereka di Indonesia," ucap pria berdarah Belanda tersebut.

Sementara itu, VP Acquisition Alexander Alvin mengatakan proses yang dilakukan untuk menjual mobil bekas di BeliMobilGue.co.id sangat mudah dilakukan. Sobat GoHitz hanya perlu melakukan tiga langkah untuk menjual mobilnya, yaitu dengan mengunjungi website BeliMobilGue.co.id, mendatangi lokasi inspeksi pengecekan mobil, dan yang terakhir menerima penawaran harga.

Pertama, Sobat GoHitz harus mengakses website BeliMobilGue.co.id terlebih dahulu. Pada laman pertama dan kedua, kamu akan diminta untuk memasukkan data-data terkait mobil yang akan dijual, mulai dari merek, model, tahun pembuatan, tipe hingga besaran kilometer atau jarak yang telah ditempuh oleh mobil tersebut. Kamu juga harus mengisi nomor telepon dan email agar bisa dihubungi oleh pihak BeliMobilGue.co.id.

Setelah data telah diisi lengkap, kemudian akan muncul perkiraan kisaran harga awal yang akan ditawarkan oleh pihak BeliMobilGue.co.id. Kisaran perkiraan harga penawaran awal ini muncul dengan menggunakan metode algoritma khusus.

"Jika penjual setuju dengan kisaran harga penawaran awal tersebut. Selanjutnya, penjual akan diminta untuk mengisi alamat domisili. Ini bertujuan untuk menentukan lokasi inspeksi pengecekan mobil terdekat,” ujar Alvin.

Ia melanjutkan,“Penjual juga bisa langsung mengatur hari dan jam untuk melakukan pengecekan mobil. Terakhir, penjual akan diminta mengisi sebuah kuesioner yang menanyakan tentang dari mana si penjual tahu tentang BeliMobilGue.co.id."

Jika proses tersebut sudah dilakukan, Sobat GoHitz akan langsung dihubungi oleh customer service dari pihak BeliMobilGue.co.id. Sang customer service akan mengonfirmasi ulang terkait mobil yang akan dijual. Selain itu, dia juga akan menginformasikan berkas-berkas apa saja yang harus dibawa pada saat mendatangi lokasi inspeksi mobil, seperti BPKB dan STNK mobil.

Sebagai tambahan informasi, BeliMobilGue.co.id juga menerima penjualan mobil yang masih terikat dengan leasing, asalkan Sobat GoHitz bisa menunjukkan bukti-bukti bahwa mobil tersebut memang benar masih terikat leasing.

"Mobil leasing pun tidak masalah, nanti kita bisa cek ke penyelenggara leasing-nya tentang mobil tersebut. Tidak ada masalah," kata Alvin.

Langkah kedua adalah mengunjungi lokasi inspeksi pengecekan mobil. Disini mobil Sobat GoHitz akan menjalani proses pengecekan fisik secara menyeluruh oleh tim dari BeliMobilGue.co.id. Setidaknya ada 300 titik pengecekan yang dilakukan, meliputi mesin, rem, ban, bodi mobil, hingga ujicoba mengendarai kendaraan. Proses pengecekan ini akan berlangsung selama 30 menit.

Alvin mengatakan, ketika mobil sedang menjalani proses pengecekan, Sobat GoHitz akan dipersilakan untuk menunggu di ruangan yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga menghadirkan suasana yang nyaman dan hangat. Berbagai fasilitas pun disediakan, seperti akses internet, pendingin ruangan, makanan dan minuman, buku bacaan, hingga televisi. Kepuasan dan kenyamanan pelanggan merupakan hal utama yang dikedepankan oleh BeliMobilGue.co.id.

Setelah 30 menit berlalu, pihak BeliMobilGue.co.id akan melaporkan hasil dari pengecekan mobil. Dalam tahapan ini, akan diketahui kondisi sebenarnya dari mobil tersebut apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak.

"Nanti akan ada laporannya, misalnya ditemukan ternyata bodinya ada yang lecet, atau olinya enggak pernah diganti, nah itu ketahuan semuanya. Baru setelah itu harga penawaran sesungguhnya dari kami akan muncul," papar Alvin.

Ia menambahkan,“Bila pada harga penawaran awal di website misalnya kisaran Rp175 juta, tapi setelah diinspeksi ternyata bodinya penyok dan bisa saja harga sesungguhnya yang kami tawarkan menjadi Rp 160 juta, itu bisa terjadi. Jadi, harga sesungguhnya yang ditawarkan adalah pada saat setelah pengecekan. Dan kalaupun penjual tidak setuju dengan harga yang ditawarkan dan mengurungkan niat untuk menjual mobilnya, itu tidak apa-apa. Kami pun juga tidak akan memungut biaya alias gratis, yang terpenting penjual tersebut sudah merasakan pelayanan terbaik kami.”

Jika Sobat GoHitz setuju dengan harga yang ditawarkan, 30 menit selanjutnya merupakan proses untuk melakukan penawaran dalam rangka mencari harga tertinggi. Pada langkah ketiga ini, pihak BeliMobilGue.co.id akan langsung menawarkan mobil tersebut kepada rekanan-rekanan mereka yang disebut sebagai private network, yang akan menjadi pembeli mobil bekas Sobat GoHitz nantinya. Saat ini sudah ada sekitar 600 rekanan yang bekerja sama dengan BeliMobilGue.co.id.

"Partner kita ini semuanya sudah berbentuk badan usaha. Mereka berasal dari perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, seperti transportasi, retail company, dan sebagainya. Mereka tersebar di seluruh Indonesia, tapi paling banyak berada di sekitar Jabodetabek," terang Alvin.

Setelah waktu 30 menit selesai, pihak BeliMobilGue.co.id akan menentukan rekanan dengan penawaran tertinggi. Harga tertinggi tersebut akan disampaikan kepada Sobat GoHitz selaku penjual. Nominal penawaran tertinggi itulah yang menjadi harga jual dari mobil tersebut.

"Jadi, misalnya si penjual sudah deal dengan harga Rp 160 juta tetapi ternyata ada partner kita yang menawar Rp 171 juta. Nah harga Rp171 juta inilah yang akan diterima oleh si penjual," imbuhnya.

Jika Sobat GoHitz setuju dengan harga penawaran tertinggi tersebut, pihak BeliMobilGue.co.id akan langsung melakukan transaksi dengan mentransfer uang hasil penjualan tersebut ke rekening kamu. Proses penjualan mobil pun telah selesai dilakukan. Sangat mudah, praktis, aman dan nyaman.

Alvin mengatakan bahwa sejak bisnis ini berjalan pada April 2017, belum pernah terjadi kasus dimana rekanan tidak memberikan penawaran terhadap mobil yang akan dijual dalam kurun waktu 30 menit. Namun jika suatu saat nanti terjadi kasus seperti itu, pihak BeliMobilGue.co.id bisa memberikan solusi berupa perpanjangan waktu penawaran kepada rekanan dengan meminta persetujuan dari si penjual terlebih dahulu.

"Tapi sampai sekarang hal seperti itu belum pernah terjadi. Kami tetap berpegang pada visi misi awal, yaitu 60 menit mobil terjual," tegasnya.

Saat ini BeliMobilGue.co.id telah memiliki enam lokasi tempat inspeksi pengecekan mobil yang berada di sekitar Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Jadetabek dipilih karena berdasarkan data, hampir 58 persen jumlah mobil yang ada di Indonesia berada di wilayah-wilayah tersebut. Sehingga untuk awal pengembangan bisnis, wilayah Jadetabek menjadi lokasi yang sangat strategis.

Tetapi Rolf berjanji akan segera melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan lebih banyak lagi titik-titik inspeksi di luar Jadetabek agar masyarakat Indonesia lainnya yang ingin menjual mobil bekas mereka lewat BeliMobilGue.co.id bisa terlayani dengan baik.

"Saat ini kami menguatkan dulu tim kecil, yang sekarang menjadi tulang punggung dalam menjalankan bisnis ini. Jika semuanya sudah kuat dan berjalan sesuai rencana, kita tentu akan segera membuka titik-titik inspeksi di daerah-daerah lainnya di Indonesia," ujar Rolf.

Jadi bagaimana Sobat GoHitz, apakah kamu masih tetap ingin menjual mobil bekas dengan cara konvensional yang berisiko, atau beralih ke BeliMobilGue.co.id yang menawarkan kemudahan, keamanan, kecepatan dan kenyamanan dalam menjual mobil? Tentukan pilihanmu sekarang juga!

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Chairul Rohman

 


Baca Juga

5 Sepeda Motor Yang Ngehits Banget Di Era 90an
6 08 2017
Akhirnya Cleveland CycleWerks Buka Showroom Utama di Indonesia!
13 07 2017
Tengok Truk Canggih Ramah Lingkungan Keluaran Mercedes-Benz
6 07 2017
Nostalgia Moda Transportasi yang Pernah Eksis di Jakarta
14 06 2017
Inilah Balap F1 Terakhir di Malaysia
23 05 2017