Dibaca 2495 kali
...
no tags
Maria Cicilia Galuh
11 June 2018

Jakarta, GoHitz.com - Jalanan lancar tidak mengalami kemacetan, namun tiba-tiba mobil mogok. Padahal saat berangkat, mobil terlihat normal atau baik-baik saja, setelah dicek ternyata penyebabnya adalah mesin mobil panas.

Gangguan mesin mobil yang mudah panas memang tidak bisa diremehkan, terlebih lagi saat akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Berikut ini lima penyebab utama mesin mobil mudah panas.

1. Radiator dan selangnya bocor

Penyebab utama mesin mobil cepat panas umumnya adalah adanya kebocoran pada radiator dan selangnya. Kebocoran pada bagian ini hanya bisa diatasi dengan mengganti komponen radiator beserta selangnya secara keseluruhan.

2. Air radiator tidak tepat

Mesin mobil cepat panas juga bisa disebabkan dari pengisian air radiator yang tidak tepat. Biasanya pemilik kendaraan mengisi air radiator dengan air biasa, nah ini salah kaprah karena air biasa bisa menyebabkan kerak pada radiator. Isilah menggunakan air radiator bernama coolant agar kinerja radiator berjalan secara normal.

3. Kualitas oli bermasalah

Penyebab lainnya terkait mesin mobil yang mudah panas yakni kualitas oli yang bermasalah. Oli berkualitas jelek akan menyebabkan mobil cepat overheating atau mudah panas, bahkan bisa membuat mesin mati mendadak saat berkendara. Carilah oli berkualitas baik yang walaupun sedikit mahal yang terpenting mesin mobil tetap awet dan tetap berjalan normal.

4. Thermostat rusak

Kerusakan thermostat juga bisa menyebabkan mesin mobil cepat panas. Komponen ini merupakan komponen mobil paling vital pada sistem pendinginan mesin sehingga jika thermostat rusak maka pengukuran suhu menjadi tidak tepat. Kalau Sobat GoHitz menghadapi masalah seperti ini segera pergi ke bengkel untuk memperbaikinya.

5. Jarang melakukan perawatan

Servis atau perawatan di bengkel, biasanya dilakukan berkala, suka dianggap remeh oleh para pemilik kendaraan. Jarang melakukan  perawatan atau pengecekan berkala bisa menimbulkan sejumlah masalah, seperti mesin mobil mudah panas.

Terdapat beberapa komponen yang harus dicek dan dirawat secara berkala di bengkel mobil guna menghindari masalah mesin cepat panas, seperti selang radiator, kipas mobil hingga sirkulasi radiator.

 

Teks : Suharsana Aji
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Bidbox, Cara Baru Membeli Mobil Dengan Sentuhan Jari
7 08 2018
Mobil Ini Punya Kursi Penumpang Untuk Penyandang Disabilitas
6 08 2018
Mobile Masjid, Permudah Untuk Cari Tempat Salat
5 08 2018
Gaet Kalangan Milenial, Gini Cara Vespa Rangkul Pelanggan
1 08 2018