...
no tags
Maria Cicilia Galuh
13 March 2018

Jakarta, GoHitz.com - Di Indonesia, musisi yang memadukan musik modern dan tradisional jumlahnya belum terlalu banyak. Apalagi yang datangnya dari anak muda, harus diberi acungan jempol! 

Salah satunya adalah Riki Putra, pemuda asal Balikpapan ini memadukan gamelan dengan musik rock. Bahkan, hal tersebut sudah dituangkannya ke dalam album "Gamelan Rules". Uniknya, keinginan Riki memilih genre rock-gamelan justru muncul saat dia masih kuliah di Musician Institute, Amerika.

"Jangan sampai musik tradisional kita tergerus zaman, apalagi musik luar kini cepat sekali perkembangannya. Kita harus bangga dengan budaya lokal dan jangan malu untuk memperdengarkannya ke mancanegara”, ujar Riki di Jakarta. 

Memainkan musik rock yang dipadukan dengan gamelan tentu memiliki keunikan tersendiri dan bukan hal yang mudah. Sebab, musik rock yang sudah banyak penggemarnya harus disatukan dengan gamelan yang terkesan megah. 

"Memainkan musik rock yang dipadukan dengan gamelan mempunyai nilai tambah tersendiri. Musik rock itu sudah ramai dan peminatnya banyak. Nah, gamelan itu alat musik yang sempurna dan elegan, jadi bisa dibayangkan seperti apa megah dan menariknya ketika mendengarkan rock-gamelan,” jelas Riki. 

Saat ini, Riki Putra sedang menyiapkan sebuah konser megah dengan konsep orkestra untuk memperlihatkan genre rock-gamelan. 

 

Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : ist
     

 

Baca Juga




Baca Juga

"Suara Hati", Momentum Kembalinya Meutia Cut Ke Dunia Musik
18 07 2018
Panggung Konser Mariah Carey Bakal Dekat Banget Dengan Candi Borobudur
18 07 2018
Keren, 5 Band Lokal Ini Sukses Tur Di Luar Negeri
17 07 2018
5 Perseteruan Antar Personel Band Yang Paling Dikenang
16 07 2018