Dibaca 533 kali
no tags
Fathur Rochman
27 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Masih kurangnya minat generasi muda untuk mengenakan busana khas Indonesia seperti batik dan kebaya, membuat perancang Eddy Betty merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu. 

Lewat keahlian yang dimilikinya, Eddy mencoba membuat rancangan kebaya dan batik dengan desain yang lebih modern. Harapannya jelas, agar anak-anak muda bisa lebih percaya diri untuk mengenakan kebaya atau batik dalam berbagai kesempatan. 

"Intinya Eddy bikin suatu research batik ditampilkan lebih modern. Agar generasi muda mau pakai batik lagi," ujar Eddy pada jumpa pers puncak acara Fashion Festival dalam Jakarta Fashion Food Festival 2018, di Harris Hotel & Convention Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (26/4).

Dalam mewujudkan misinya tersebut, Eddy mempersembahkan sebuah pagelaran peragaan busana bertajuk "Kinasih". Berkolaborasi dengan Batik Sida Mukti, Eddy menampilkan sebanyak 10 batik dan 28 kebaya yang dibagi dalam dua sekuen. 

Untuk busana batiknya, Eddy menggabungkan material batik dengan bahan-bahan yang tengah digandrungi di dunia internasional seperti tule, plastik, busa dan lain sebagainya. 

Material-material tersebut kemudian dirancang sedemikian rupa hingga melahirkan model pakaian yang kekinian, seperti blousson, jumpsuit, celana palazzo jaket pendek, rok mekar, tent dress hingga trench coat. 

Sementara untuk busana kebaya, Eddy menampilkan kebaya dengan gaya yang lebih segar dan kekinian. Keahliannya dalam mengaplikasikan bustier atau korset benar-benar ditunjukkan dalam rancangannya kali ini. 

Eddy "membangun" kebaya di atas bustier, kemudian dirinya mulai berkreasi agar kebaya tersebut menjadi lebih modern dan bisa menarik minat generasi muda. 

Alhasil, kebaya rancangannya memiliki desain yang lebih unik. Seperti kebaya dengan model tiered dress, kebaya ala flapper dress ataupun kebaya yang menyerupai gaun bergaya Edwardian. 

"Show ini untuk negara tercinta. Ujung-ujungnya agar anak muda mau pakai kebaya. Jangan ninggalin kebaya. Ingin lebih diapresiasikan sehari-hari agar UMKMnya juga bergerak, berkesinambungan dan saling berantai," tandasnya. 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Chairul Rohman

Baca Juga




Baca Juga

Istituto Di Moda Burgo Indonesia Kampanyekan Indonesia Fashion Freedom
1 08 2018
Ragam Sajadah Unik untuk Salat Idul Fitri
9 06 2018
Tiru Gaya Hijab Casual Ala Nissa "Sabyan" Yuk!
7 06 2018
Gaya Casual Kamu Makin Kece dengan Running Shoes Ini!
2 06 2018