no tags
Aji Cakti
13 April 2018

Jakarta, GoHitz.com – Kuliner Bali merupakan salah satu kuliner Nusantara yang layak dicoba. Selain rasanya yang cukup pedas, kuliner ini juga seringkali diburu oleh turis domestik maupun mancanegara. Konon kuliner pulau dewata itu sekarang cita rasanya sudah banyak berubah dan sudah kurang otentik lagi.

Namun, saat ini ada sebuah restoran bernama Taliwang Bali yang siap mengembalikan cita rasa otentik kuliner Bali sekaligus juga membawa kuliner khas Lombok bercita rasa asli langsung ke Jakarta tanpa perlu jauh-jauh pergi ke Bali.

“Saya melihat sudah terjadi perbauran masakan, terutama di daerah-daerah turis, dimana kuliner Bali yang otentik sudah berubah menjadi kuliner Bali yang fusion dengan rasanya sudah lebih disesuaikan dengan selera dan rasa turis-turis mancanegara. Dari situ kita ingin mengembalikan cita rasa kuliner Bali yang otentik di Jakarta,” tutur pemilik resto Taliwan Bali Franciska Renny kepada GoHitz di Jakarta.

Dia juga menambahkan, alasan dipilihnya Jakarta sebagai lokasi restoran-restorannya dikarenakan kuliner-kuliner tradisional khas Bali-Lombok yang otentik di kota ini, terutama di mal-mal, belum begitu banyak.  

“Banyak sekali masyarakat Jakarta maupun kota-kota lainnya yang belum tahu bahwa kuliner-kuliner Bali yang halal itu seperti apa. Makanya saya banyak sekali membawa makanan-makanan sehari-hari khas Bali, seperti bebek Gianyar, ikan Nyat-Nyat dan Jaje Bali,” kata Renny.

Terkait kuliner khas Lombok, Renny menjelaskan bahwa keluarganya juga memiliki resto makanan yang khusus menyajikan makanan-makanan tradisional khas Lombok, sehingga membuat dirinya percaya diri untuk membawa menu-menu makanan khas Lombok ke Jakarta.

“Ada banyak keragaman dari kuliner khas Bali, dimana setiap daerah-daerah di Bali mempunyai ciri khas kuliner masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya. Kami ingin konsumen lebih mengenal tiap daerah yang berada di Bali dengan keunikan-keunikannya; sehingga kami juga menghadirkan yang terkenal di setiap daerah tersebut,” ujar Renny.

Ada pun menu-menu andalan khas Bali di resto ini adalah ayam betutu, bebek betutu Gianyar, ikan nyat-nyat, nasi campur Bali dari Kedewatan, sop ikan Sanur, Tipat Cantok dan Jaje Bali. Sedangkan untuk menu andalan khas Lomboknya yakni ayam bakar Taliwang, ayam Sasak, ayam bakar plecing serta plecing kangkung.

Jangan lupa minuman di resto Taliwang Bali juga wajib dijajal oleh Sobat Gohitz, seperti Ubud Lush dan Exotic Uluwatu. Di Taliwang Bali, semua makanan dan minuman yang disajikan adalah halal.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Chairul Rohman

 

Baca Juga




Baca Juga

Menikmati Kuliner Khas Indonesia Bernuansa Modern di Resto FEAST By Kokiku
19 04 2018
Maze Kitchen Hadirkan Menu Nusantara Bernuansa Internasional
19 04 2018
Resto FEAST By Kokiku, Sajikan Menu Asia Tenggara dengan Nuansa Botanical
17 04 2018
Resep Simpel Membuat Raspberry Cup Cakes
17 04 2018