Dibaca 548 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
8 November 2017

Jakarta, GoHitz.com – Sebagai salah satu warisan kuliner Nusantara, bir pletok merupakan minuman yang memiliki resep unik dengan kelezatan rasa tak tergantikan. Namun tahukah Anda bahwa terdapat lima fakta unik bir pletok berikut ini, seperti dirangkum GoHitz dari berbagai sumber.

1. Akomodasi budaya Barat

Dahulu ketika masa penjajahan Belanda, banyak warga pribumi yang diundang ke pesta-pesta orang Belanda namun sulit membaur karena tidak bisa minum wine atau bir lantaran dilarang agama. Agar bisa membaur namun tetap mematuhi perintah agama, dibuatlah minuman bernama bir pletok yang isinya rempah-rempah dan tanpa alkohol.

2. Asal muasal bunyi pletok

Sampai sekarang banyak orang masih menduga-duga darimana bunyi atau nama pletok dari bir pletok. Usut punya usut bunyi itu berasal dari hasil kocokan bir pletok dalam teko yang dapat menimbulkan bunyi pletok. Bunyi ini sengaja diciptakan untuk meniru bunyi “pop” saat tutup botol bir atau wine dibuka.

3. Dikonsumsi saat malam hari

Walaupun saat ini banyak orang mengonsumsi bir pletok kapan pun, namun dulu masyarakat Betawi biasa meminum bir pletok ketika malam hari untuk menghangatkan badan dan mencegah masuk angin.

4. Berkhasiat untuk kesehatan

Tidak seperti bir atau minuman keras lainnya, bir pletok memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Minuman ini juga bisa diminum untuk terapi pengobatan seperti menyembuhkan radang sendi, mengatasi nyeri lambung, dan sebagainya.

5. Sulit dicari

Walaupun masuk dalam minuman khas Nusantara, saat ini sulit sekali mendapatkan bir pletok. Minuman ini biasanya dijual saat event-event khusus seperti Pekan Raya Jakarta dan Lebaran Betawi.

Teks : Suharsana Aji
Editor : Paramita
Foto : bristolindonesiansociety wordpress

 

Baca Juga




Baca Juga

Ada 50 Jenis Kue Lezat Di Toko Ini!
24 11 2017
Nasi Rempah Khas Spanyol Kini Hadir Di Bali
18 11 2017
5 Jajanan Populer Khas Jepang
15 11 2017
Wow Keren! Dua Sejoli Chef AFC Hadirkan Kuliner Berkelas
7 11 2017