...
no tags
Maria Cicilia Galuh
8 August 2018

Jakarta, GoHitz.com - Nugget ayam sering kali menjadi solusi praktis buat bunda saat kebingungan memilih menu makan anak-anak. Nugget dengan berbagai macam merek dan harga pun banyak tersedia di pasaran.  

Tapi apa Sobat GoHitz tahu? Nugget ayam yang masuk kategori frozen food ini biasanya mengandung pengawet yang bahaya untuk kita dan si kecil lho. Tetapi jangan khawatir, sebenarnya sobat GoHitz juga bisa lho membuat makanan olahan daging ayam ini. 

Cara membuat nugget ayam ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berupa 1/2 kg dada ayam yang telah dicincang, 2 butir telur ayam, 1sdt kaldu bubuk, 2 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1/2 sdt garam,1sdt merica bubuk, 1 sdt gula, 6 sdm tepung panir, 3 sdm tepung maizena, Sedikit biji pala, 2 sdm minyak goreng dan daun pisang untuk mengukus.

Pertama-tama haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan (bawang merah, bawang putih, garam, gula dan biji pala). Setelah itu, masukkan bumbu ke dalam telur yang telah dikocok lepas. Tambahkan kaldu dan merica bubuk. Lalu tambahkan juga tepung maizena.

Setelah terkocok rata, masukkan campuran telur tersebut ke dalam daging ayam cincang. Kemudian tambahkan tepung panir. Aduk kembali hingga adonan tercampur sempurna.

Berikutnya, bungkus adonan menggunakan daun pisang. Cara membungkusnya sama seperti membuat lontong. Setelah adonan terbungkus, kukus selama sekitar 20 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan dinginkan sebentar, lalu potong-potong sesuai ukuran nugget pada umumnya.

Untuk menggorengnya, Sobat GoHitz perlu menyiapkan. Tepung terigu secukupnya, telur dan juga tepung panir. Balurkan nugget secara berurutan ke dalam tepung terigu, telur yang telah dikocok dan juga tepung panir. Setelah itu goreng di dalam minyak panas dengan api sedang hingga berwarna cokelat keemasan. 

Nugget home made pun siap untuk disajikan. Nugget ini bisa jadi cemilan sehat untuk si kecil maupun keluarga tersayang. Bagaimana Sobat GoHitz, mudah kan membuatnya?

 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Shutterstock
Sumber : YouTube/Dapur Cintaku

 

Baca Juga




Baca Juga

Makan Sushi Bisa Jalan-Jalan Ke Jepang, Gimana Caranya?
9 08 2018
Oleh-Oleh Dari Sabang Sampai Merauke, Semua Ada Di Omiyago
8 08 2018
Almond Garden, Menu Salad Terbaru Dengan 2 Dressing
7 08 2018
Uitsmeijter, Sarapan Khas Belanda Yang Nongol Di "Si Doel The Movie"
3 08 2018