...
no tags
Anggarini Paramita
14 March 2018

 Jakarta, GoHitz.com – Hari Ini seluruh dunia berduka. Seorang ahli fisika terkenal dunia bernama Stephen Hawking telah berpulang untuk selama-lamanya. Stephen bukanlah ahli fisika biasa, dia memiliki kehidupan dan prestasi luar biasa yang berhasil menginspirasi semua orang. Simak 7 fakta mengagumkan dari Stephen Hawking berikut ini.

1. Pantang menyerah

Stephen Hawking pada awalnya merupakan sosok manusia normal seperti biasa yang sehat dan energik. Namun pada tahun 1963, saat dirinya menjalani kuliah untuk meraih gelar doktornya, Stephen mendadak  terserang kelumpuhan di seluruh tubuhnya dan tidak bisa menggerakkan lagi seluruh tubuhnya termasuk bernapas.

Dokter mendiagnosis Stephen mengidap penyakit saraf sklerosis lateral amiotrofik dan memperkirakan waktu hidupnya tidak lebih dari dua tahun. Divonis mati bukan membuat Stephen patah semangat, dirinya bahkan membuat sebuah kursi roda super canggih yang langsung tersambung ke otaknya sebagai pengganti mulut agar dirinya bisa tetap menyampaikan pemikirannya. Stephen Hawking sendiri akhirnya wafat pada tahun 2018, 55 tahun setelah dirinya divonis mengidap penyakit Sklerosis lateral amiotrofik, bukti bahwa fisikawan ini pantang menyerah.

2. Raih sederet penghargaan

Stephen Hawking bukan hanya dikenal sebagai dosen sekaligus ahli fisika ternama di dunia. Dia juga berhasil menyabet sederet penghargaan dan gelar kebangsawanan, seperti dua gelar bangsaan dari Kerajaan Inggris, medali penghargaan dari Presiden Barack Obama, dan masih banyak lagi.

3. Antiperang Irak

Stephen Hawking tidak hanya bergulat dengan dunia sains dan fisika, dirinya juga sempat melontarkan pernyataan politik dengan menolak perang Irak. Bagi Stephen, Perang Irak yang dilancarkan Amerika Serikat merupakan perang yang didasari oleh kebohongan.

4. Mendorong kolonisasi ke luar angkasa

Salah satu prediksi dan pernyataan ilmiah Stephen Hawking yang terkenal adalah mendorong umat manusia untuk segera melakukan kolonisasi ke luar angkasa. Stephen berpendapat bahwa manusia harus bermigrasi ke antariksa karena Bumi bakal segera kiamat.

Kiamat yang dimaksud oleh ahli fisika terkenal itu adalah bukanlah Bumi bakal meledak, melainkan suasana iklim dan habitat Bumi akan berubah menjadi super ganas dan tidak ramah bagi manusia. Stephen menganalogikan kiamatnya Bumi dengan apa yang terjadi pada Planet Venus yang berubah menjadi bola api padahal sebelumnya Venus memiliki iklim dan habitat kehidupan mirip Bumi.

5. Spesies alien adalah manusia

Banyak orang hingga sekarang mengandai-andai bagaimana wujud alien, namun Stephen Hawking sudah memiliki jawabannya. Menurut ahli fisika tersebut, alien juga bisa berwujud spesies manusia cuma bedanya mereka memiliki peradaban teknologi yang super maju dan kemungkinan akan bersikap memusuhi manusia-manusia yang hidup di Bumi.

6. Mengetahui riwayat asal usul alam semesta

Fakta memukau lainnya dari seorang Stephen Hawking adalah dirinya berhasil memecahkan riwayat asal usul terciptanya alam semesta. Stephen menjelaskan situasi yang terjadi sebelum alam semesta dan kehidupan tercipta adalah kondisi yang tidak memiliki batas dan tidak ada banyak hal yang terjadi sebelum terjadinya fase big bang atau fase yang mengawali kehidupan di alam semesta ini.

7. Mobil otonom bakal hancurkan peradaban manusia

Salah satu pernyataannya yang menarik dari Stephen Hawking adalah dirinya mencemaskan bahwa mobil otonom yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) akan menghancurkan peradaban manusia. AI akan berkembang lebih pintar dari manusia dan satu waktu akan mengabaikan manusia dan bekerja sendiri jika tidak dikendalikan oleh manusia, kata Stephen.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Rumah Langit, Tempat Belajar Gratis Bagi Anak-anak Kurang Mampu
3 07 2018
Berkenalan dengan Heidi, Penyanyi Pendatang Baru di Skena Musik Folk Tanah Air
29 06 2018
Cerita Inspiratif Kevin Naftali Sang Pendiri Kevas Co.
20 05 2018
Ini Sosok Ibu Bagi Tenaga Kerja Indonesia Di Taiwan
14 05 2018