Dibaca 503 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
8 February 2018

Jakarta, GoHitz.com – Winston Churchil merupakan salah satu pemimpin ikonik Inggris selama era Perang Dunia II dan tercatat dalam buku sejarah sebagai pemimpin paling fenomenal di masanya. Namun tahukah Anda bahwa perdana menteri Inggris berjulukan pemimpin berhati baja itu memiliki lima fakta unik berikut, seperti dirangkum Gohitz dari history.com. 

1. Ibunya dari Amerika

Siapa sangka ternyata Winston Churchill memiliki ibu berdarah Amerika Serikat. Jennie Jerome merupakan gadis asal Brooklyn, Amerika Serikat yang menikahi ayahanda Winston Churchill bernama Lord Randolph Churchill, seorang bangsawan Inggris.

2. Nyaris tidak lulus sekolah militer

Fakta unik mencengangkan lainnya dari seorang Winston Churchill adalah perdana menteri Inggris itu nyaris tidak lolos ujian masuk, bahkan dirinya pernah dua kali gagal dalam ujian tersebut. Namun berkat kemampuan yang keras dan tekun belajar, akhirnya Churchill pun bisa masuk ke sekolah militer.

3. Gagal dalam operasi militer

Pemimpin besar dunia rata-rata banyak lahir dari buah kegagalan bukan keberhasilan, dan ini terlihat pada diri Churchill. Ketika dirinya menjabat sebagai kepala staff angkatan laut, Churchill pernah merasakan getirnya kegagalan dalam pertempuran Selat Dardanella ketika melawan Turki di Perang Dunia I. Untungnya dirinya bisa bangkit dan membuktikan keberhasilannya dengan menaklukan musuh yang lebih kuat yakni Hitler dan Jerman dalam Perang Dunia II.

4. Orator hebat

Winston Churchill juga dikenal sebagai orator atau ahli pidato yang hebat dan berhasil membuat rakyat Inggris bertahan sekuat-kuatnya menghadapi serangan bertubi-tubi Hitler dan Jerman. Beberapa pidato Churchill yang terkenal selama Perang Dunia II, membuat dirinya dijuluki sebagai pemimpin berhati baja.

5. Gemar menulis

Fakta unik lainnya dari seorang Winston Churchill adalah bahwa pemimpin terkenal Inggris memilik hobi menulis. Churchill banyak sekali dan bahkan karyanya ada yang diganjar beberapa penghargaan hingga Nobel pun menganugerahinya Nobel Sastra kepada perdana menteri Inggris tersebut.

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : Shutterstock

 

Baca Juga




Baca Juga

Cerita Inspiratif Kevin Naftali Sang Pendiri Kevas Co.
20 05 2018
Ini Sosok Ibu Bagi Tenaga Kerja Indonesia Di Taiwan
14 05 2018
Kisah Menarik Dua Pejuang Air Lestarikan Lingkungan
3 05 2018
Kegigihan Nadine Sebagai Kartini Jaman Now
19 04 2018