...
no tags
Anggarini Paramita
13 November 2017

Jakarta,  GoHitz.com – Membuat perubahan signifikan pada lingkungan tidak perlu dilakukan melalui ambisi muluk. Semua bisa dimulai dari perubahan kecil, namun berdampak luas di lingkungan terdekat.  Seperti yang dilakukan juara pertama Nutrifood Leadership Award 2017, yakni Fahmi Surya Nugraha. Ia berupaya memperkenalkan jurusan informatika di kampusnya, yakni Universitas Padjajaran (Unpad) kepada rekan mahasiswa dan masyarakat luas.

“Saat saya daftar di Nutrifood, saya mencoba menceritakan dampak yang saya buat ketika menjadi ketua himpunan mahasiswa jurusan informatika. Jurusan informatika, ketika saya menjabat sebagai ketua himpunan, masih belum dikenal baik oleh mahasiswa Unpad maupun masyarakat luas, yakni Bandung dan sekitarnya,” ujar Fahmi kepada GoHitz di Jakarta.

Fahmi juga menambahkan bahwa dampak buruk dari ketidaktahuan masyarakat dan mahasiswa Unpad terhadap jurusannya, mengakibatkan arus masuk informasi yang masuk ke himpunan, sehingga jurusan informatika pun mengalami kerugian besar akibat ketidaktahuan khalayak umum.

“Soalnya waktu itu jurusan teknik informatika baru berdiri pada tahun 2012, dan saya masuk sebagai mahasiswanya pada tahun 2014. Jadi, usia program studi itu baru sekitar dua tahun lebih sehingga masih banyak orang yang belum tahu,” tutur Fahmi.

Sebagai ketua himpunan mahasiswa jurusan informatika ketiga, Fahmi berjuang untuk mengenalkan jurusannya tersebut kepada khalayak luas melalu beragam kegiatan mulai dari meneruskan program sebelumnya yang sudah berjalan, menggelar seminar nasional hingga membuat eksibisi teknologi pertama di Unpad.

Kendati berhasil membuat perubahan signifikan dalam mengenalkan jurusannya, Fahmi tetap bersikap rendah hati dan menegaskan bahwa ini semua berkat kerja timnya di himpunan. Dia sendiri mengatakan bahwa dampak positif dari semua kegiatan yang dilakukannya akan dapat dirasakan dan mempermudah tugas ketua dan tim kepengurusan himpunan mahasiswa jurusan informatika pasca-dirinya.

“Jadi, yang paling menikmati dampak dari semua ini bukan saya melainkan lebih banyak dirasakan oleh kepengurusan himpunan selanjutnya, dimana mereka lebih mudah nantinya dalam mengajak khalayak luas dalam membuat acara, publikasi dan sebagainya,” kata Fahmi usai menerima penghargaan dari Nutrifood.

Teks & Foto : Suharsana Aji 
     
     

      

Baca Juga




Baca Juga

Rumah Langit, Tempat Belajar Gratis Bagi Anak-anak Kurang Mampu
3 07 2018
Berkenalan dengan Heidi, Penyanyi Pendatang Baru di Skena Musik Folk Tanah Air
29 06 2018
Cerita Inspiratif Kevin Naftali Sang Pendiri Kevas Co.
20 05 2018
Ini Sosok Ibu Bagi Tenaga Kerja Indonesia Di Taiwan
14 05 2018