Dibaca 1056 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
26 August 2017

Jakarta, Gohitz.com – Siapa yang tak kenal fotografer kawakan, Arbain Rambey? Yup, kalau kamu berminat di bidang fotografi, pasti nama Om Arbain ini jadi salah satu acuan jurnalis fotografi yang jadi panutan. Berkat kepiawaiannya, saat ini, beliau menjadi redaktur foto harian di salah satu surat kabar nasional. Selain itu, tak terhitung berapa banyak lomba fotografi yang berhasil dimenangkannya, baik di dalam maupun di luar negeri. Sehingga, tak salah bila kita menyebutnya dengan julukan Maestro Fotografi Indonesia.

Ditemui di sebuah acara bertajuk #IloveMyBody yang diadakan Nivea Indonesia di Jakarta, Jumat (25/8), Arbain menyampaikan beberapa tips yang harus dimiliki seorang fotografer, selain memiliki kamera.

Pergaulan

Memiliki kamera merupakan hal penting bila hendak meniti profesi sebagai fotografer. Namun, hal yang terpenting bagi seorang fotografer adalah memiliki pergaulan yang luas. “Saat ini, teknik potret sudah bukan hal yang penting lagi. Seorang fotografer harus tahu apa yang diinginkan publik atau kliennya, mulai dari style yang sedang kekinian sampai perkembangan teknologi kamera itu sendiri,” ujarnya di sela-sela acara yang memamerkan hasil jepretannya dengan menggunakan UV Cam tersebut.

Seorang fotografer, lanjutnya, tidak selalu harus memiliki gear yang menunjang kameranya. “Misalnya begini, pilot tak harus punya pesawat atau sopir tidak mesti punya mobil. Begitu juga fotografer. Untuk even-even atau proyek besar, biasanya saya menyewa peralatan yang dibutuhkan, karena kalau beli sendiri, kapan balik modalnya?” imbuh pria kelahiran Semarang ini.

Sabar

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memiliki kesabaran yang ekstra dan cenderung mau mengalah pada keinginan klien. “Umpamakan klien kita sikapnya nyebelin, lebih baik kita ngalah. Sebab, sekali saja kita ngotot dengan kehendak kita, sekalipun kita benar, kita tidak akan bisa mendapat klien lagi. Jadi, sabar itu sangat penting,” lanjutnya.

Bagi pria lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung ini, hanya orang yang benar-benar mencintai fotografi yang akan terus bertahan di kala teknologi mulai menggeser peran kamera. “Jaman sekarang, ponsel sudah dibekali kemampuan yang menyamai kualitas kamera DSLR atau analog. Setiap orang bisa memotret, karena di Indonesia, saat ini fotografi sedang menjadi tren. Bila seseorang ingin menjadi fotografer, ia harus turun lapangan dan berlatih,” tandas Arbain.

Teks : Nuansa Islami
Foto : Youtube
Editor : Paramita

 

Baca Juga




Baca Juga

Mengenal Gati Wibawaningsih, Sosok Srikandi dalam Jajaran Dirjen Kemenperin
22 11 2017
Semangat Johnnie Sugiarto Harumkan nama Indonesia di Panggung Pariwisata Dunia
16 11 2017
Sidney Amanda Ramandita Tak Lelah Kenalkan Batik Ke Seluruh Indonesia
13 11 2017
Nora Bawazeir, Berbagi Kebahagiaan Lewat Lezatnya Gelato
13 11 2017