Dibaca 519 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
25 June 2017

Jakarta, GoHitz.com - Tidak terasa bulan puasa telah berakhir,  hari kemenangan pun telah di depan mata. Lebaran memang sering kali menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan tidak lupa menyantap ketupat, opor dan makanan berlemak lainnya. Oleh karena itu, kita harus lebih selektif dalam memilih menu makanan Lebaran yang banyak mengandung santan, lemak, dan gula tinggi. Nah, GoHitz kini punya tip untuk tetap sehat saat Lebaran tiba. Berikut ini tipnya:

Minum cukup air putih

Hindari softdrink atau minuman manis lainnya. Jika ada es puter tersaji, ambillah dalam porsi kecil. Akan lebih baik jika kita memilih susu rendah lemak, yoghurt, atau susu kedelai untuk menambah kalsium dan protein bagi tubuh, Sobat GoHitz.

Mengubah pola menu

Selain menyediakan ketupat, opor, rendang, sajikan juga menu lain seperti pasta, nasi merah, dan roti gandum. Makanan jenis ini cocok bagi yang mereka memiliki riwayat penyakit diabetes. Selain itu, Anda dapat menghidangkan menu gado-gado atau sayuran segar salad maupun lalapan. Sediakan juga makanan lain yang mengandung protein tinggi, seperti telur,  tahu, dan tempe.

Perhatikan porsi makan

Selama berpuasa tubuh telah menjalani proses pengeluaran racun (detoksifikasi), maka tubuh membutuhkan penyesuaian kembali terhadap makanan-makanan yang kita konsumsi. Jangan memaksakan tubuh kita makan dengan porsi makan yang berlebih, berhentilah sebelum kenyang, mulailah sebelum lapar. Tubuh perlu beradaptasi kembali dengan pola waktu makan yang normal. Pelan-pelan, kembalilah pada pola makan dengan frekuensi 3 kali sehari.

Jangan lupa sayur dan buah

Banyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat sehingga dapat menyerap dan mengimbangi kandungan kolesterol dalam tubuh, dan juga melancarkan sistem pencernaan.

Jangan mudah menambah makanan

Makanan yang kita makan saat lebaran memang sangat menggiurkan, tetapi selalu ingat dengan kandungan lemak dalam menu makan kita yang dapat memicu kolesterol yang tinggi.

Konsumsi penawar lemak

Setelah menyantap menu Lebaran yang kaya lemak anda bisa menetralisirnya dengan minum teh, jus jeruk, atau penawar lemak lainnya.

Teks & Infografis : Mitha Try Eriani
Editor : Paramita
     

 


Baca Juga

Begini 7 Cara Tangani Stres
19 05 2017
Mengenal Lebih Dekat Raden Adjeng Kartini
19 04 2017
Ini Lho 4 Ritual Saat Nyepi
27 03 2017
Pengaruh Musik Terhadap Manusia
10 03 2017
Mari Rayakan Hari Perempuan Internasional
8 03 2017