...
no tags
Maria Cicilia Galuh
10 July 2018

Jakarta, GoHitz.com - Selain batik, tenun kini juga menjadi kain tradisional yang kekinian. Bahkan, banyak desainer yang menghasilkan karya indah dengan tenun.

Salah satu desainer yang setia di jalur tenun adalah Didiet Maulana melalui Ikat Indonesia. Selama kurang lebih tujuh tahun, Didiet mengembangkan tenun ikat untuk menjadi item yang fashionable.

Hal tersebut pun diapresiasi oleh PT Bank Central Asia (BCA) yang kemudian, menggandeng Didiet untuk mengembangkan seragam baru korporasi bermotif tenun ikat. Seragam tersebut pun akan digunakan oleh sekira 27 ribu karyawan BCA di seluruh Indonesia.

"Kami ingin masyarakat memiliki cara pandang baru untuk memanfaatkan kekayaan tenun ikat Indonesia ini dengan memperkenalkan dan mengenakan seragam baru BCA bermotif tenun tersebut. Mudah-mudahan inisiatif ini akan diikuti oleh institusi atau korporasi lain demi mendukung pelestarian dan pengembangan tenun ikat khas Indonesia," ungkap Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA dalam jumpa pers di Kafe BCA, Jakarta, Senin (9/7).

Tentunya adalah sebuah kebanggaan bagi Didiet bisa terlibat dalam dunia korporasi. Artinya, ada perusahaan yang peduli dengan kain tradisional khususnya tenun.

"Hal ini selaras dengan adanya ekonomi kreatif sehingga menumbuhkan kreatifitas dari para penenun. Saat ini pihak corporate melihat ini sebagai sesuatu yang unik dan baru. Termasuk BCA ingin relate dan being relevant dengan tenun sebagai satu trend fashion modern,” jelas Didiet.

Untuk lini seragam ini, Didiet memberi nama "Sarupa". Prosesnya kreatifnya memakan waktu hingga delapan bulan dan produksinya enam bulan dengan melibatkan lebih dari 2.500 pengrajin dari Desa Troso, Jepara Jawa Tengah.

“Kalau kita merancang seragam banyak hal yang harus diperhatikan. Yang terpenting harus mengakomodasi keinginan korporasi. Saya harus bolak balik ketemu klien untuk diskusi desain. Saya juga memilih pengrajin potensial yang sanggup untuk menggarap order tersebut dengan cepat,” tutup Didiet.

 

Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Istimewa
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Pakai 5 Atribut Ini Biar Makin Seru Nonton Asian Games 2018
7 08 2018
Istituto Di Moda Burgo Indonesia Kampanyekan Indonesia Fashion Freedom
1 08 2018
Keindahan Tenun dan Songket dalam Koleksi House Of Marsya
2 08 2018
5 Tas Minimalis Ini Lagi Tren Banget Dikalangan Cowok
28 07 2018