no tags
Fathur Rochman
3 October 2017

Jakarta, GoHitz.com - Label busana batik asal Jogjakarta bernama "Paras Ayu Jogja" tidak ingin ketinggalan untuk merayakan kemeriahan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2017 kemarin. Pada tahun ini, "Paras Ayu Jogja" menampilkan koleksi busana batik bernama batik Gorga. Batik tersebut terinspirasi dari ukiran khas Batak bernama Gorga yang banyak terdapat di wilayah Sumatera Utara.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Pemilik sekaligus perancang busana "Paras Ayu Jogja", Ayu Purhadi mengatakan, untuk tahun ini dirinya memang sengaja mengangkat tema batik Gorga untuk koleksinya. Ayu memiliki alasan tersendiri untuk mengangkat kain batik tulis yang baru populer sejak 3-4 tahun kebelakang ini.

"Semua batik punya keunikan. Kalau batik Gorga ini mempunyai ciri khas yang kuat dengan budaya mereka. Dimana disitu kita bisa kolaborasikan, bisa dikombinasikan dengan batik-batik dari daerah lain. Kita bisa inovasikan dengan batik lain," ucap Ayu saat berbincang dengan GoHitz di Hotel Santika Premiere, Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (2/10).

Ayu menambahkan,"Lalu kemudian Gorga itu sendiri artinya ukiran Batak, Sumatera Utara. Jadi motifnya terdiri atas ukiran-ukiran. Untuk warnanya didominasi oleh hitam, merah dan putih. Warna-warna tersebut ada artinya. Kalau merah itu berani, hitam itu diibaratkan sebagai kegelapan, dan putih adalah kesucian atau kebenaran. Kehidupan itu kan ada 3 ya, kesucian, keberanian dan juga kegelapan."

Kepada GoHitz, Ayu kemudian menampilkan 5 koleksi busana batik Gorga miliknya. Busana-busana tersebut adalah busana ready to wear yang bisa dikenakan untuk acara-acara formal. Adapun segmentasi yang cocok untuk mengenakan koleksi busana batik Gorga ini lebih kepada pria atau wanita dewasa.

"Koleksi ini disasarnya untuk kalangan dewasa. Jadi, karena batik Gorga ini sarat dengan etnis budaya yang sangat sakral disana, kita menggunakan ukiran, sehingga tidak kita terapkan untuk anak muda. Nanti yang untuk anak muda desainnya akan beda lagi," ujarnya.

Buat Sobat GoHitz yang penasaran seperti apa keindahan dari rancangan busana batik Gorga koleksi "Paras Ayu Jogja", langsung saja yuk simak beberapa fotonya berikut ini. Pemotretan ini sendiri dilakukan di sekitar area lobi hotel dan juga restoran Kembang Sepatu yang terletak di dalam Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan. 

Teks : Fathur Rochman
Editor : Paramita
Foto : Kahfie Kamaru

 

Baca Juga




Baca Juga

Pesona Batik Tangerang dalam Fashion Show 'Batik Fashion Lunch: The Glimpse of Indonesian Heritage'
2 10 2017
Michelle Alriani, Miss Earth Indonesia 2017 yang Gemar Mengenakan Batik
10 08 2017
Tip Tetap Sehat Saat Lebaran
25 06 2017
Aksi Megadeth di Panggung Hammersonic 2017
28 05 2017