...
no tags
Anggarini Paramita
14 September 2017

Jakarta, GoHitz.com – Semua hal bisa diwujudkan dalam dunia digital, termasuk urusan keuangan yang melayani pelbagai kemudahan bertransaksi perbankan, seperti pembayaran, perencanaan keuangan, pembiayaan, peminjaman, hingga investasi. Semua serba praktis dan cepat. Tidak heran bila kini muncullah startup FinTech (Financial Technology) Indonesia.

Center for Human Genetic Research (CHGR) mengungkapkan bahwa Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah startup tertinggi di Asia Tenggara, yakni 2.000-an pada tahun 2016. Diperkirakan startup ini akan bertumbuh menjadi 13.000 pada 2020.  

Bahkan, Bank Indonesia menegaskan bahwa selama 2016, para pengguna jasa perdagangan daring (e-commerce) tersebut telah membelanjakan USD5,6 miliar (Rp75 triliun) atau jika dibagi per individu pengguna e-commerce di Indonesia sekitar Rp3 juta per tahun.

Berkaitan dengan menjamurnya startup, termasuk di dalamnya terkait FinTech dan e-commerce ini, menurut pengamat ekonomi Faisal Basri, Indonesia ini memiliki potensi untuk berkembang pesat. Apalagi berdasarkan, GDP, Indonesia ini tergolong pertumbuhan ekonomi  terbesar nomor 16 di dunia, tapi memang daya beli masyarakat ini di nomor 8 dunia.

“Mayoritas penduduk Indonesia itu berusia muda, pertumbuhan strata menengah itu sangat pesat, pertumbuhan semakin bergeser ke kota, demografic bonus,” sebut Faisal saat berbincang di acara talkshow “Elevating Creativity & Innovation Through Digital Collaboration” di Menara BCA, Rabu (13/9).

Diakui oleh Rama Mamuaya, Founder & CEO DailySocial.id, startup itu evolusi yang langsung menuju kepada mata konsumen.

Menanggapi perkembangan usaha rintisan yang berkembang pesat, Direktur BCA Henry Koenaifi mendukung hal tersebut dengan menggelar Indonesia Knowledge Forum (IKF) yang diselenggarakan pada 3-4 Oktober 2017 di Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place.

“BCA menggelar IKF VI sebagai ajang bagi korporasi dan startup untuk mengembangkan bisnis mereka melalui kolaborasi dan partnership di bidang teknologi,” imbuh Henry.        

Ia menambahkan,“Era makin berubah ke arah digital dan BCA siap menjemput perubahan ini dengan mengeluarkan produk layanan berbasis teknologi yang memungkinkan nasabah mengunakannya secara aman dan nyaman.”

Teks & Foto : Paramita
     
     

 


Baca Juga

Belanja Online Yang Halal dan Syariah? Di Sini Tempatnya!
6 09 2017
Tren Belanja Tanpa Tunai di Indonesia
30 08 2017
Menjadi Agen Asuransi Profesional? Ini Dia Caranya
25 08 2017
5 Usaha Sampingan Untuk Nambah THR
11 06 2017
5 Bisnis Ini Lagi Tren di Kalangan Anak Muda
6 08 2017