...
no tags
Anggarini Paramita
25 August 2017

Jakarta, GoHitz.com – Profesi agen asuransi memang belum menjadi pilihan oleh para pencari kerja di Indonesia. Banyak yang merasa tidak cocok karena tidak mahir atau tidak biasa berkomunikasi dengan calon nasabah. Belum lagi dengan banyaknya pandangan miring tentang agen asuransi yang terkesan lepas tangan saat klien mengalami kendala klaim asuransi.

Hal itu diungkapkan Regina Bedoya, Secretary Executive Committee MDRT Global, dalam acara MDRT Day Indonesia 2017 di Jakarta, Rabu (23/8). “Faktanya adalah agen asuransi jiwa tidak hanya sekedar menjadi financial planner saja, tetapi juga mengedukasi klien soal pentingnya memaknai kehidupan. Bahkan, profesi ini menawarkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan keluarga dan sosial,” ujarnya di hadapan 3.700 agen asuransi yang hadir.

Menurutnya, sebagai agen asuransi, harus berkarya dengan sungguh-sungguh dan didasarkan pada niat yang tulus dalam membantu nasabah. “Kalau melakukan dengan baik terhadap klien, itu jalan menuju sukses, kita akan direferensikan ke klien yang lain. Setiap agen juga harus meningkatkan kompetensi yang lebih tinggi, sehingga bisa membantu mengatasi apa yang dibutuhkan klien,” kata Regina.

Regina memberi saran untuk membentuk natural market sebagai basis nsabah. “Ada beberapa aspek dalam memasarkan produk asuransi, pertama kita harus mengerti calon nasabah, kebutuhannya apa, dan prioritasnya apa. Kedua, kita bisa upgrade diri kita jadi spesialis. Jangan jadi agen yang biasa-biasa, jadilah spesialis. Misalnya spesialis dana pensiun, proteksi penyakit kritis, anuitas, dll. Ketiga, memiliki kelompok belajar. Grup ini bertanggungjawab dengan goal yang ada dalam grup yang positif tersebut,” urainya.

Menurutnya, hal tersulit adalah ketika agen menghadapi hal-hal terkecil yang kadang terabaikan. “Misalnya, ketika bangun pagi, apakah anda memilih cek email dan telepon nasabah, atau buka sosmed? Jadi hal kecil tetapi menempatkan kita pada dua pilihan, efektifkan waktu untuk aktivitas produktif atau malah melakukan kegiatan yang malah membuat kita melangkah mundur,” tegas Regina.

Chairman MDRT Day 2017, Miliana menambahkan, pada acara tahunan MDRT Indonesia yang mengusung tema “Reach New Heights”, sengaja mengundang Regina yang sarat akan pengalaman dalam industri asuransi jiwa sehingga dapat berbagi pengalaman ke para agen asuransi jiwa di Indonesia. “Memang agen asuransi adalah profesi yang sangat menjanjikan, selain menawarkan konsep balance your life, juga dengan keberadaan mentor-mentor yang hebat membuat para agen akan terus semangat mencapai target yang lebih tinggi,” tandasnya.

Foto : Istimewa
     
     

 


Baca Juga

Melihat Geliat FinTEch Indonesia dan Potensinya
14 09 2017
Belanja Online Yang Halal dan Syariah? Di Sini Tempatnya!
6 09 2017
Tren Belanja Tanpa Tunai di Indonesia
30 08 2017
5 Usaha Sampingan Untuk Nambah THR
11 06 2017
5 Bisnis Ini Lagi Tren di Kalangan Anak Muda
6 08 2017