...
no tags
Maria Cicilia Galuh
16 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Berusaha keras dan pantang menyerah merupakan sebuah pedoman hidup yang harus dipegang teguh. Seperti halnya A Chun yang ingin lepas dari belenggu kemiskinan dengan terus berjuang dan terbang menembus langit.

"Terbang Menembus Langit" adalah sebuah film biopik arahan Fajar Nugros yang mengisahkan tentang kehidupan seorang motivator bernama Onggy Hianata. Dia adalah pencetus gerakan perubahan hidup untuk menginspirasi masyarakat. 

A Chun yang diperankan oleh Dion Wiyoko merupakan gambaran dari Onggy di masa lalu dengan segala problema yang mungkin bisa membuat putus asa.

A Chun, sapaan untuk Onggy lahir di tengah keluarga yang hidup sangat sederhana dan memiliki kakak yang banyak. Keinginan A Chun kecil hanya ingin terus bersekolah dan mendapatkan nasib yang berbeda dari keluarganya.

Selepas SMA di Tarakan, Kalimantan Utara, A Chun bertekad untuk melanjutkan sekolah ke Surabaya. Dia merasa harus keluar dari lingkungannya jika ingin maju. Namun, keluarga besarnya menolak dengan alasan biaya. Akhirnya setelah dia mendapat izin dari salah satu kakaknya A Li (Baim Wong), A Chun bersemangat untuk hidup baru di Surabaya.

Dari judulnya tentu Sobat GoHitz sudah bisa menebak jika cerita film ini tentang perjuangan meraih cita-cita. Fajar Nugros menggambarkan kegigihan A Chun secara kronologis dari mulai tiba di Surabaya hingga pindah ke Jakarta.

Yang pasti, penonton dibuat geregetan dengan tantangan yang dihadapi oleh A Chun secara bertubi-tubi. Seperti tidak diberi kesempatan untuk bernapas, Fajar membawa penonton merasakan kesulitan yang dihadapi A Chun walau pada beberapa adegan terasa membosankan.

"Terbang Menembus Langit" juga menggambarkan bagaimana kehidupan etnis Tionghoa di Indonesia semasa Orde Baru serta kesulitan mereka untuk mendapatkan pekerjaan di kantoran.

Pesan yang disampaikan dalam film ini begitu jelas bahwa sesulit apapun keadaannya, jangan pernah mengeluh. Tetap semangat dan berusaha meski rintangan menghadang dan membuat jatuh. Filosofi itulah yang terus dipegang oleh Onggy sampai sekarang. 

Selain Dion Wiyoko, "Terbang Menembus Langit" juga dibintangi oleh Laura Basuki, Delon Thamrin, Melisa Karim, Marcel Darwin, Baim Wong dan lainnya. Film tersebut akan tayang di bioskop mulai 19 April 2018.

 

Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Chairul Rohman
     

 

Baca Juga




Baca Juga

Vino G Bastian Gemas Lihat Pembajakan Film
7 08 2018
5 Film Indonesia Bertema Olahraga Ini Wajib Ditonton Lho!
8 08 2018
APROFI Luncurkan Kampanye Anti Pembajakan Film Di Seluruh Bioskop
7 08 2018
Livi Zheng Promosikan Gamelan Lewat Film "Bali: Beats of Paradise"
6 08 2018