...
no tags
Maria Cicilia Galuh
9 April 2018

Jakarta, GoHitz.com - Komandan kapal perang antariksa yang karismatik bukanlah tipikal pemimpin yang suka suruh sana-sini. Mereka juga memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan keselamatan seluruh anak buahnya, membawa pulang kapal perangnya secara utuh, sekaligus menuntaskan misi yang diembannya. Tujuh komandan kapal perang antariksa legendaris di dunia anime ini, mungkin bisa jadi panutan Sobat GoHitz dalam hal kepemimpinan.

1. Juzo Okita

(foto: pinterest)

Juzo Okita merupakan komandan kapal perang antariksa Yamato yang legendaris dalam anime “Space Battleship Yamato”. Dikenal tegas dan berdedikasi tinggi, Okita merupakan komandan yang tidak pernah meninggalkan anak buahnya, meski dirinya sekarat dan terbaring di ranjang hingga wafat. Kepemimpinannya layak dijadikan panutan oleh semua orang.

2. Harlock

(foto: jenkrblog wordpress)

Komandan kapal perang antariksa legendaris lainnya dari dunia anime adalah Harlock dalam “Space Pirate Captain Harlock”. Harlock merupakan tipikal pemimpin yang romantis namun rebelious alias membangkang. Selain itu, Harlock juga sangat individualistis dan meyakini bahwa satu orang bisa membuat perubahan drastis.

3. Maximilian Jenius

(foto: ideaswithoutend wordpress)

Maximilian Jenius dari anime “Macross 7” merupakan sosok pemimpin pekerja keras dan mencintai keluarga. Dulunya Max merupakan pilot salah satu pesawat-robot dan karena kerja keras serta dediakasinya dia kemudian dipromosikan sebagai komandan kapal perang antariksa bernama Battle 7 dan bertanggung jawab atas armada 7th Macross Fleet.

Walaupun sudah menyandang pangkat komandan, Max merupakan tipikal pemimpin yang tidak sungkan terjun langsung berperang bersama anak buahnya dengan mengendarai sebuah pesawat-robot.

4. Yang Wenli

(foto: dengekionline)

Yang Wenli merupakan salah satu protagonis dalam anime “Legend of Galactic Heroes: Die Neue These”. Yang merupakan salah satu komandan armada kapal perang antariksa dari kubu Free Planets Alliance atau Aliansi Planet Bebas.

Walaupun menyandang pangkat komandan, Yang merupakan sosok pemimpin yang cuek namun jenius dalam strategi serta sangat bertanggung jawab terhadap keselamatan anak buah bahkan rakyat jelata. Yang Wenli merupakan sosok pemimpin yang paling tidak tahan jika harus membiarkan anak buah atau rakyatnya mati sia-sia.

5. Reinhard von Musel

(foto: redbubble)

Ambisius, pintar, bernyali dan pendendam. Empat karakter tersebut semuanya ada dalam diri Reinhard von Musel, salah satu komandan kapal perang antariksa yang memimpin armada faksi Galactic Empire dalam anime “Legend of Galactic Heroes: Die Neue These”.

Musel merupakan rival berat Yang Wenli dalam setiap pertempuran yang terjadi di antara kedua faksi. Kecerdasan Musel terlihat saat bagaimana armada pasukan Galactic Empire berhasil menggulung armada kapal perang Free Planets Alliance yang jumlahnya tiga kali lipat dari armada yang dipimpin Musel.

6. Bright Noa

(foto: tumblr)

Anime “Mobile Suit Gundam” sebetulnya merupakan medan perang yang tepat bagi para komandan kapal perang antariksa, namun bagi Bright Noa yang terjadi adalah sebaliknya. Meniti karier sebagai seorang Letnan, Bright mendadak harus menggantikan Kapten Paolo yang tewas saat memimpin kapal perang legendaris White Base, tapi tragedi tersebut membuahkan hasil yang manis sekaligus mematangkan jiwa kepemimpinannya.

Bright kemudian dipandang sekaligus dihormati oleh para bawahannya yang merupakan pilot-pilot mobile suit legendaris seperti Amuro Ray, Camile Bidan bahkan Char Aznable karena kepintarannya dalam mengatur strategi, karismatik dan selalu tenang dalam menghadapi krisis.

7. Murrue Ramius

(foto: tumblr)

Murrue Ramius merupakan satu-satunya komandan kapal perang antariksa legendaris nan mumpuni dalam anime “Gundam”. Cantik, tenang, pandai dan karismatik merupakan empat sifat menonjol yang dimiliki Murrue Ramius ketika memimpin para prajuritnya di medan perang. Bahkan karena kehebatannya dalam memimpin, Ramius sempat dipercaya untuk memegang komando kapal perang Archangel sebanyak dua kali.

 

Teks : Suharsana Aji
Editor : Maria Cicilia Galuh
Foto : Pelbagai Sumber

 

Baca Juga




Baca Juga

Vino G Bastian Gemas Lihat Pembajakan Film
7 08 2018
5 Film Indonesia Bertema Olahraga Ini Wajib Ditonton Lho!
8 08 2018
APROFI Luncurkan Kampanye Anti Pembajakan Film Di Seluruh Bioskop
7 08 2018
Livi Zheng Promosikan Gamelan Lewat Film "Bali: Beats of Paradise"
6 08 2018