Dibaca 1009 kali
...
no tags
Anggarini Paramita
16 January 2018

Jakarta, GoHitz.com – Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) digadang-gadang akan menjadi salah satu tren teknologi 2018. Namun banyak pihak juga yang mengkhawatirkan jika sewaktu-waktu teknologi ciptaan manusia itu akan melawan balik dan memberontak kepada penciptanya seperti terlihat dalam lima film berikut ini.

1. “Blade Runner”

“Blade Runner” merupakan salah satu film  yang menggambarkan pemberontakan AI dalam wujud cyborg. Diceritakan bahwa pada tahun 2019 manusia sangat bergantung kepada para cyborg untuk melakukan tugas-tugas berbahaya seperti berperang di planet beriklim ganas.

Sayangnya, para cyborg ini merasa diperalat dan diperlakukan sangat buruk oleh manusia. Walhasil, mereka pun mengobarkan pemberontakan, dan sebagai akibatnya para cyborg dilarang menginjakkan kaki di Bumi serta kalau ketahuan akan langsung dipensiunkan alias dibunuh oleh para agen yang dikenal sebagai Blade Runner.

2. “Terminator”

“Terminator” bisa dibilang merupakan film yang secara gamblang menggambarkan bahayanya teknologi AI jika membangkang. Bumi di tahun 2029 dilanda perang hebat antara manusia versus mesin yang dikendalikan AI bernama Skynet.

Diceritakan bahwa awal mula Skynet mulai mengobarkan pemberontakan kepada manusia dengan menembakkan sejumlah rudal nuklir dan membangun pasukan robot tak kenal ampun. AI ini memberontak karena memandang manusia sebagai ancaman terhadap eksistensinya.   

3. “The Matrix”

Film lainnya yang menggambarkan pemberontakan AI secara brutal adalah “The Matrix”. Dikisahkan, manusia yang hidup di masa depan harus berperang melawan mesin-mesin AI di dua medan. Medan pertama yakni dunia nyata yang melibatkan persenjataan super berat, sedangkan medan kedua adalah dunia maya dimana manusia harus bisa mematikan program AI yang lepas kendali bernama “Smith”.

4. “I, Robot”

Tidak selamanya AI mengobarkan pemberontakan kepada manusia secara gamblang, dalam “I, Robot” mesin-mesin robot AI malah melancarkan kudeta merangkak terhadap manusia. Diawali oleh pembunuhan seorang ilmuwan penting, para robot dan AI ini diam-diam mulai melancarkan kudeta merangkak dengan dalih pengamanan kepada manusia.

 

5. “Eagle Eye”

“Eagle Eye” merupakan film yang dianggap real menggambarkan bahayanya AI yang lepas kendali. Film ini mengisahkan seorang anak muda yang mengetahui akan adanaya rencana kudeta di Amerika Serikat dengan membunuhi presiden dan para menterinya yang ternyata disusun oleh program kecerdasan buatan atau AI ciptaan negeri Paman Sam itu. Uniknya upaya kudeta itu dilancarkan AI lewat serangan drone atau mematikan detektor logam agar barang berisi bom bisa lolos.

 

Teks : Aji Cakti
Editor : Paramita
Foto : IMDB

 

Baca Juga




Baca Juga

"Kulari Ke Pantai", Film Anak Yang Jadi Refleksi Para Orang Tua
23 06 2018
Film "Marlina" Mulai Tayang Di AS, Ini Komentar Marsha Timothy
23 06 2018
Yumiko Kobayashi akan Jadi Pengisi Suara Baru Anime Crayon Shin-chan
21 06 2018
Netflix-Telltale Akan Garap Game Stranger Things
20 06 2018